visitaaponce.com

Puan Tepis Jokowi Temui Megawati Minta Restu Tiga Periode

Puan Tepis Jokowi Temui Megawati Minta Restu Tiga Periode
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo, dan Ganjar Pranowo di Rakernas IV PDIP(Dok.Agus Suparto)

KETUA DPP PDIP Puan Maharani menepis kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Pertemuan itu terkait dengan restu tiga periode jabatan kepala negara.

"Enggak, enggak pernah setahu saya enggak pernah beliau meminta untuk perpanjangan tiga periode," kata Puan di Gedung High End, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2023.

Puan menekankan saat ini konstitusi hanya membolehkan jabatan presiden selama dua periode atau selama 10 tahun. Ia juga bingung jika ada isu memperpanjang masa jabatan kepala negara karena tak ada mekanisme yang memungkinkan.

Baca juga: Puan: Gibran Cuma Pamit Jadi Cawapres Prabowo, tak Kembalikan KTA PDIP

"Kalau kemudian ada perpanjangan itu mekanismenya darimana, kemudian seperti apa, waktu itu kan tidak ada mekanisme yang kemudian memungkinkan untuk kita melakukan perpanjangan atau melakukan tiga periode," ucap Puan.

Sebelumnya, Wakil Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Adian Napitupulu, mengungkap persoalan keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan PDI Perjuangan (PDIP). Persoalannya yakni tak dikabulkannya permintaan memperpanjang masa jabatan atau tiga periode.

Baca juga: Ada Masalah Apa Jokowi dan PDIP? Ini Kata Adian Napitupulu

"Nah ketika kemudian ada permintaan tiga periode, kita tolak. Ini masalah konstitusi, ini masalah bangsa, ini masalah rakyat, yang harus kita tidak bisa setujui," kata Adian dalam keterangannya, Rabu, 25 Oktober 2023.

Menurut Adian, PDIP menolak permintaan tersebut karena tidak ingin mengkhianati konstitusi. PDIP ingin menjaga konstitusi karena terkait dengan keselamatan bangsa dan negara serta rakyat Indonesia.

"Kemudian ada pihak yang marah, ya terserah mereka. Yang jelas kita bertahan untuk menjaga konstitusi. Menjaga konstitusi adalah menjaga republik ini. Menjaga konstitusi adalah menjaga bangsa dan rakyat kita," ucap Adian saat diwawancara oleh salah satu TV nasional. (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat