visitaaponce.com

Visi Misi Anies-Muhaimin Posisikan Semua Rakyat Setara

Visi Misi Anies-Muhaimin Posisikan Semua Rakyat Setara
Visi misi pasangan calon presiden Anies Baswedan dan calon wakil presiden Muhaimin Iskandar membuat rakyat setara(MI/Usman Iskandar)

BAKAL pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pilpres 2024 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memiliki visi misi untuk memosisikan semua rakyat secara setara. Ini ditunjukkan dengan penitikberatan diksi adil dan kata turunannya dalam dokumen visi misi bertajuk Indonesia Adil Makmur untuk Semua.

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus anggota Badang Pekerja Anies-Muhaimin (Baja Amin), Lukmanul Khakim mengatakan pemilihan diksi adil memang penting bagi Amin. Apalagi, teritori Indonesia sangat luas. Oleh karenanya, Amin tidak hanyak mengorientasikan pembangunan tersentral di Pulau Jawa.

"Diksi adil juga menjelaskan bahwa kepemimpinan Mas Anies dan Gus Imin ke depan akan memosisikan kita semua setara, tidak berat sebelah. Sehingga insya Allah nggak njomplang, semua mendapatkan akses dan peluang yang sama," jelas Lukman kepada Media Indonesia, Kamis (26/10).

Baca juga: Cak Imin: Pasangan Amin Optimis Menang

Keadilan tersebut, lanjutnya, dilakukan dengan memperbaiki kualitas di segala aspek kehidupan, termasuk pendidikan dan layanan kesehatan. Dengan demikian, pembangunan tidak hanya dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di kota besar saja, melainkan pedesaan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Tidak hanya dalam urusan pembangunan, Lukman juga mengatakan makna keadilan yang ditonjolkan Amin bakal terejawantah dalam urusan penegakan hukum. Sebagai tokoh Reformasi, Anies-Muhaimin dinilai memahami betul bahwa penegakan hukum penting untuk mencapai keadilan.

Baca juga: Visi Misi Anies-Muhaimin Paling Banyak Sebut Kata Adil Dibanding Paslon Lain

"Tapi tidak boleh digunakan untuk selain itu. Saya yakin keduanya pribadi yang konsisten membawa amanat Reformasi dan demokrasi, yang ujungnya adalah kesejahteraan rakyat," tandasnya.

Diketahui, dalam dokumen visi misi Amin setebal 143 halaman, kata adil dan bentuk turunannya seperti keadilan atau berkeadilan disematkan sebanyak 232 kali. Jumlah itu jauh lebih banyak ketimbang bakal pasangan capres-cawapres lainnya, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Selain PKB, Amin juga diusung Partai NasDem dan Partai Keadilan Sosial (PKS). Adapun dokumen visi misi Ganjar-Mahfud dengan total 63 halaman hanya menyebut kata adil dan turunannya sebanyak 41 kali. Sementara itu, visi misi Prabowo-Gibran paling sedikit menyebut kata adil, yakni sebanyak 17 kali. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat