visitaaponce.com

Firli Dinilai Beban Pemberantasan Korupsi, IM57 Mundur Sekarang

Firli Dinilai Beban Pemberantasan Korupsi, IM57+: Mundur Sekarang!
Ketua KPK Firli Bahuri didesak mengundurkan diri karena kerap membuat skandal dan bisa menjadi beban pemberantasan korupsi.(MI/Adam Dwi)

KETUA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak mengundurkan diri. Pasalnya Firli menjadi beban karena kerap membuat skandal

"Firli harus mengundurkan diri sekarang, jangan jadi beban pemberantasan korupsi," kata Ketua IM57+ Institute M Praswad Nugraha melalui keterangan tertulis, Jumat (27/10).

Praswad menilai Firli cuma memperlambat pekerjaan KPK jika terus menjabat. Apalagi, saat ini Lembaga Antirasuah sedang diterpa dengan isu pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Baca juga: Firli Bahuri Diminta Tidak Berlindung dari Kalimat Serangan Balik Koruptor

"Semakin mengulur-ulur waktu, semakin berat beban KPK secara kelembagaan," ucap Praswad.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga didesak bertindak atas skandal pemerasan di KPK itu. Kepala Negara diharap memecat Firli dari jabatannya. "Presiden untuk segera mempersiapkan Plt Ketua KPK," tegas Praswad.

Baca juga: KPK Akui Ada Dokumen yang Dibawa Polda Metro Terkait Kasus Pemerasan

Sebelumnya, Polda Metro Jaya melakukan penggeledahan rumah Firli di bekasi dan safe house miliknya di Jakarta Selatan pada Kamis, 26 Oktober 2023. Dalam pengeledahan itu, pegawai KPK turut diajak melihat upaya paksa itu.

"Ini informasi yang kami peroleh karena diminta penyidik untuk hadir," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Firli melalui keterangan tertulis, Kamis, 26 Oktober 2023.

Ali tak memerinci pegawai yang dikirim untuk menyaksikan penggeledahan. Dia meminta menanyakan lebih lanjut kepada pihak Polri. "Adapun selebihnya silakan ditanyakan kepada pihak Polri," ujar Ali. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat