visitaaponce.com

Jokowi Jelas Pertontonkan Keberpihakan

Jokowi Jelas Pertontonkan Keberpihakan
Presiden Joko Widodo meninjau panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3).(Rumgapres)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) dinilai belum sepenuh hati menerapkan netralitas menjelang pemilihan presiden (pilpres). Jokowi menunjukkan keberpihakannya pada calon tertentu secara terang-benderang.

"Kita lihat bagaimana Jokowi mempertontonkan keberpihakan," kata analis politik dari Exposit Strategic Arif Susanto di Kantor Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Jakarta Timur, Kamis, 2 November 2023.

Arif berkaca dari sejumlah peristiwa yang dimulai pada November 2022. Kala itu, Jokowi mengungkapkan kriteria calon pemimpin saat menghadiri Gerakan Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat.

Baca juga : Bisakah Presiden Jokowi Netral di Pemilu? Pakar: Tidak Mungkin

"(Jokowi bilang) ciri-cirinya berambut putih dan berkerut. Waktu itu publik heboh tapi belum terlalu jelas," papar dia.

Keberpihakan Jokowi, kata Arif, semakin jelas dalam beberapa bulan terakhir. Kepala Negara yang awalnya mengelak cawe-cawe, akhirnya mengakui secara gamblang pada Juni 2023.

"(Jokowi bilang) cawe-cawe kewajiban moral saya sebagai presiden dalam transisi kepemimpinan nasional. Bagi saya ini problematik," ujar dia.

Baca juga : Debat Terakhir Pilpres 2024, Momen Capres Yakinkan Pemilih

Menurut Arif, upaya pemerintah memastikan pemilu berjalan demokratis bukan bentuk cawe-cawe. Melainkan tanggung jawab dan kewajiban untuk mengantarkan ke pemerintahan baru.

"Tapi kalau intervensi bermakna untuk pihak tertentu, itu bermasalah," jelas dia.

Momen lainnya terjadi pada 14 Oktober 2023 dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) VI Projo di Jakarta. Kala itu, Kepala Negara meminta relawannya tidak mendesak dirinya untuk memberi tahu siapa capres yang ia dukung.

"Jokowi bilang karena orangnya juga tidak ada di sini. Lagi-lagi menegaskan pernyataan soal ojo kesusu dan ada banyak kontradiksi karena sore harinya Projo ke Kertanegara dan dukung Prabowo," ucap dia. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat