visitaaponce.com

Sebaran Segmentasi Dukungan Prabowo-Gibran Disebut Terus Meluas

Sebaran Segmentasi Dukungan Prabowo-Gibran Disebut Terus Meluas
Gibran Rakabuming Raka saat mendaftar Pilpres 2024 bersama capres Prabowo Subianto(MI/Usman Iskandar )

PASANGAN capres-cawapres Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming Raka dinilai menjadi salah satu pasangan yang memiliki segmentasi dukungan yang cukup luas dari berbagai lapisan masyarakat. Namun keunggulan tersebut harus dijaga dan terus diperluas hingga hari pencoblosan. 

“Semua komunitas, semua lapisan masyarakat itu penting bagi Prabowo–Gibran, sebagai segmen pemilih yang tentu harus dijaga oleh Prabowo–Gibran agar bisa mendukung dan mencoblos Prabowo–Gibran,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin dalam keterangannya, Kamis (2/11). 

Jika dilihat berdasarkan data demografi yang dirilis lembaga survei Indikator Politik Indonesia periode 16 – 20 Oktober 2023, Prabowo–Gibran paling banyak mendapatkan dukungan dari berbagai macam lapisan masyarakat. Mulai dari kalangan petani, nelayan, buruh kasar, ibu rumah tangga, hingga para pelajar dan mahasiswa. 

Baca juga: Masyarakat Harus Kawal Janji Capres-Cawapres di Bidang Lingkungan

Jika dilihat lebih mendalam, di klaster para pemilih yang memiliki latar belakang pekerjaan seperti petani, peternak dan nelayan, mayoritas memilih Prabowo–Gibran. Di kelompok pemilih tersebut, Prabowo–Gibran berhasil mendapatkan dukungan tertinggi dengan total 41,4 persen, diikuti pasangan Ganjar Pranowo–Mahfud MD dengan 35,7 persen dan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dengan 18,5 persen. 

Senada, para pemilih yang memiliki pekerjaan buruh kasar, sopir/ojek, keamanan, hingga warung/PKL, total memberikan dukungan kepada Prabowo–Gibran sebesar 39,1 persen. Diikuti dukungan kepada Ganjar–Mahfud MD dengan 31,5 persen dan Anies-Muhaimin 22,4 persen. 

Baca juga: Dinasti Politik Jokowi dan Kemunduran Demokrasi Global

Lalu, pada pemilih yang mempunyai pekerjaan sebagai ibu rumah tangga, para pemilih solid memberikan dukungan kepada Prabowo–Gibran dengan 37,1 persen. Diikuti di peringkat kedua ada dukungan kepada Ganjar–Mahfud MD dengan 34,2 persen dan Anies-Muhaimin 21,7 persen. 

Terakhir, Prabowo–Gibran juga banyak mendapatkan dukungan dari para pemilih yang masih mengenyam pendidikan dan kuliah. Di kelompok pemilih itu, Prabowo–Gibran mendapatkan dukungan tertinggi sebesar 37,0 persen, dikuntit oleh Ganjar–Mahfud MD dengan 31,3 persen dan Anies-Muhaimin dengan 24,7 persen. 

Maka dari itu, melihat banyaknya dukungan kepada Prabowo–Gibran, Ujang meyakini peluang kemenangan untuk pasangan itu sangat terbuka lebar. Ia menambahkan, suara akar rumput sangat penting bagi kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

“Oleh karena itu saya melihat Prabowo–Gibran suka tidak suka, dekat dan mendekat dengan para nelayan dan berbagai lapisan masyarakat di akar rumput itu penting. Karena suara akar rumput itu besar dan nelayan jadi bagian pemilih akar rumput yang sangat diperhitungkan,” pungkas Ujang yang juga Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia itu. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat