visitaaponce.com

PDIP Dinilai Sudah Pasang Kuda-kuda Bila Harun Masiku Ditangkap

PDIP Dinilai Sudah Pasang Kuda-kuda Bila Harun Masiku Ditangkap
Mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas BEM Indonesia menggunakan topeng berwajah Harun Masiku.(Antara)

PDI Perjuangan (PDIP) dinilai tak terganggu bila buronan sekaligus mantan calon legislatifnya Harun Masiku berhasil ditangkap. PDIP diyakini sudah memasang kuda-kuda alias mengantisipasi berbagai kemungkinan yang merugikan mereka jika Harun Masiku ditangkap.

"Artinya PDI Perjuangan kalaupun kemudian nanti katakanlah misalnya Harun Masiku tertangkap, mereka udah siap-siap untuk membuat semacam argumentasi yang memungkinkan mereka (PDIP) untuk tidak dikaitkan langsung dengan peristiwa ini," kata Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti Minggu, 19 November 2023.

Ray mengatakan PDIP sudah mengantisipasi secara matang bila Harun ditangkap. Termasuk, bila ada politikus PDIP yang ikut keseret.

Baca juga: Firli Bahuri Diyakini Bakal ‘Selamatkan Diri’ Lewat Kasus E-KTP dan Harun Masiku

Elektabilitas partai politik (parpol) berlogo kepala banteng bermoncong putih itu juga tak bakal terpengaruh. Bila terjadi penurunan diyakini tak berlangsung lama.

"Jadi kalaupun kasus Harun Masiku ketangkap dia akan heboh ya kan, sehari, dua hari, setelah itu akan berlalu begitu saja. Sehingga, kalau konteksnya elektabilitas tidak terlalu mengkhawatirkan menurut saya," ujar Ray.

Baca juga: Klaim Firli Mulai Buru Harun Masiku Dinilai Pengalihan Isu

Ia menambahkan justru Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan berimplikasi bila Harun ditangkap. Karena masyarakat akan berpandangan giat Harun dibunyikan saat ada ketegangan PDIP dan Jokowi.

"KPK ini kan sekarang sudah di bawah presiden ya kan. Kalau kemudian KPK akhirnya dapat menangkap yang bersangkutan, lagi-lagi kalau bisa kita tangkap ya, asumsinya ini mengapa baru sekarang?" ucap Ray.
 

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat