visitaaponce.com

Klaim Firli Mulai Buru Harun Masiku Dinilai Pengalihan Isu

Klaim Firli Mulai Buru Harun Masiku Dinilai Pengalihan Isu
Langkah Firli Bahuri mengumumkan surat penangkapan dan pencarian Harun Masiku sebagai pengalihan isu dari kasus pemerasan terhadap SYL.(MI/Adam Dwi)

SIKAP Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yang mengumumkan telah meneken surat penangkapan dan pencarian terhadap buronan sekaligus mantan Caleg dari PDI Perjuangan Harun Masiku, dikritik sebagai upaya pengalihan isu dugaan pemerasan terhadap mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Itu hanya pengalihan isu dari Pak Firli aja. Karena Harun Masiku itu kan sudah red notice, ngapain bikin surat penangkapan. Itu otomatis, kalau sudah tau langsung tangkap saja. Tidak usah koar-koar begitu," kata Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman di Jakarta, Rabu (15/11).

Boyamin menilai Firli sedang mencari celah untuk memperbaiki namanya yang tengah terseret isu negatif. Harun dipilih Ketua KPK itu karena diyakini bisa mendongkrak citranya di mata masyarakat.

Baca juga: Firli Teken Surat Penangkapan dan Perburuan Harun Masiku

"Kerja tidak ada tapi bikin masalah, biki dugaan pelanggaran etik mulai dulu sejak awal jabat helikopter dan sampai sekarang dan hanya narasi-narasi retorika begitu," ujar Boyamin.

MAKI juga menduga isu Harun masiku bakal dijadikan alat tukar oleh Firli. Tujuannya, kata Boyamin, biar nama Firli bersih. "Jadi betul pernyataan kemarin itu untuk mengalihkan perhatian masyarakat dari kasusnya Pak Firli itu sendiri dan nampaknya bisa jadi kasus Harun Masiku ini dijadikan barter agar kasusnya dia selamat," ucap Boyamin.

Baca juga: Status Firli Bahuri Dinilai Pengamat Sudah Mendekati Tersangka

Sebelumnya, Firli Bahuri menegaskan instansinya serius mencari buronan sekaligus mantan Caleg PDIP Harun Masiku. Surah penangkapan dan pencarian baru diteken. "Tiga minggu lalu saya menandatangani surat perintah penangkapan dan pencarian terhadap HM (Harun Masiku)," kata Firli di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 14 November 2023.

Firli mengatakan pencarian Harun belum pernah disetop sampai saat ini. Semua informasi singgah di beberapa negara pun ditindaklanjuti. "Plt Deputi Penindakan (Brigjen Asep Guntur Rahayu) menyampaikan berangkat ke negara tetangga tapi lagi-lagi belum berhasil melakukan penangkapan walaupun informasi sudah cukup kuat," ujar Firli. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat