visitaaponce.com

Aparat Desa Dikerahkan untuk Prabowo-Gibran, Bawaslu Kami Masih Kaji Pelanggarannya

Aparat Desa Dikerahkan untuk Prabowo-Gibran, Bawaslu: Kami Masih Kaji Pelanggarannya
Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka hadiri silaturahmi Desa Bersatu di GBK, Jakarta.(Antara)

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) masih mengkaji dugaan pelanggaran pengerahan aparat desa untuk mendukung pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Pengerahan aparat desa itu dibalut dengan acara Silaturahmi Desa Bersatu di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (19/11)

“Kini sudah kami teruskan ke Bawaslu DKI Jakarta untuk melakukan penelusuran informasi terhadap kejadian di acara silaturahmi GBK,” papar Bagja, Kamis (23/11).

Ia juga mengaku telah menerima laporan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud terkait dugaan pelanggaran dalam acara deklarasi nasional Desa Bersatu.

Baca juga: Bawaslu Didesak Usut Tuntas Dugaan Pelanggaran Pengerahan Aparat Desa

Bagja menekankan bahwa pihaknya sudah memberikan imbauan kepada seluruh kepala desa dan aparatur desa untuk memahami secara utuh UU Pemerintahan Desa dan UU Pemilu.

“Di situ salah satunya melarang kepala desa dan aparat desa terlibat dalam kampanye atau dilibatkan dalam kampanye,” jelasmnya.

Rencananya, Bawaslu bakal memanggil panitia acara deklarasi nasional Desa Bersatu.

Baca juga: Apdesi Deklarasi Dukungan Prabowo-Gibran, Pengamat: Ini Nekat!

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pertemuan silaturahmi para kepala desa yang tergabung dalam Desa Bersatu digelar di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (19/11). Acara tersebut juga dihadiri oleh calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju Gibran Rakabuming Raka.

Koordinator acara Desa Bersatu adalah Muhammad Asri Anas. Anas merupakan bagian dari Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) yang suaranya sempat terpecah dalam menyikapi dukungan tiga periode masa jabatan Presiden Joko Widodo. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat