visitaaponce.com

Belum Minta Maaf ke Publik, Firli Bahuri Dituding Tak Tahu Diri

Belum Minta Maaf ke Publik, Firli Bahuri Dituding Tak Tahu Diri
Abdul Fickar Hadjar menilai Firli Bahuri tidak tahu diri karena belum meminta maaf ke publik pascapenetapan dirinya sebagai tersangka dugaan(Medcom/Candra)

KETUA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri sampai saat ini belum meminta maaf ke publik pascapenetapan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Pucuk pimpinan Lembaga Antirasuah itu dituding tidak tahu diri.

"Ya tersangka ini termasuk tidak tahu diri, sudah ditetapkan tersangka oleh polisi belum mau minta maaf, ini jelas menunjukan kepribadiannya," kata Pakar Hukum Pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar, Jumat (24/11).

Abdul Fickar juga menyesali sikap empat wakil ketua KPK lainnya. Tak ada satupun yang meminta maaf kepada masyarakat atas perbuatan ketuanya tersebut.

Baca juga: KPK Akhirnya Meminta Maaf Gegara Ulah Firli

"Ya seharusnya pimpinan lain selain FB (Firli Bahuri) meminta maaf pada masyarakat, karena kelakuan ketuanya," ujar Abdul Fickar.

Sebelumnya, KPK menolak meminta maaf maupun merasa malu dengan penetapan tersangka terhadap Ketua KPK Firli Bahuri. Lembaga Antirasuah memegang teguh prinsip asas praduga tak bersalah.

Baca juga: Keputusan Pemberian Bantuan Hukum untuk Firli Bahuri Disayangkan

"Apakah kami malu? Saya pribadi tidak! Karena apa? Ini belum terbukti, belum terbukti," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 23 November 2023.

Alex mengatakan penetapan tersangka terhadap Firli masih di tahap awal. Proses hukumnya disebut masih panjang sampai vonis yang berkekuatan hukum tetap.

"Masih ada tahap penuntutan dan pembuktian di persidangan, itu yang teman-teman harus kawal, monitor, ikuti bagaimana proses ini berjalan di Polda, tidak berhenti di sini," ucap Alex. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat