visitaaponce.com

Sekjen Muhammadiyah Abdul Muti Ingatkan Netralitas Jadi Indikator Pemilu Berkualitas

Sekjen Muhammadiyah Abdul Mu'ti Ingatkan Netralitas Jadi Indikator Pemilu Berkualitas
Ilustrasi netralitas(MI/ Seno )

SEKRETARIS Jenderal Muhammadiyah Abdul Mu'ti berpesan bahwa netralitas menjadi indikator dari pemilu yang berkualitas. Ia mengatakan pemerintah dan penyelenggara pemilu harus membuktikan mereka netral.

"Netralitas pemerintah dan penyelenggara pemilu merupakan indikator penyelenggaraan pemilu yang berkualitas. Netralitas juga menjadi prasarat pemilu yang tertib, aman, dan damai," ujar Mu'ti melalui pesan tertulis di Jakarta, Senin (27/11).

Oleh karena itu, menurutnya semua pihak sebaiknya mendukung pelaksanaan pemilu dilaksanakan sesuai asas.

Baca juga: Gibran Tidak Hadiri Acara Muhammadiyah, Nusron: Bagi Tugas

"Semua pihak hendaknya berusaha mendukung pelaksanaan pemilu yang LUBER JURDIL (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil)," tukas Mu'ti.

Seperti diberitakan, calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengatakan persoalan netralitas serta kecurangan menjadi kekhawatiran masyarakat. Anies kemudian menyinggung soal pakta integritas yang menurutnya tidak hanya dilakukan dengan sekadar tanda tangan. Melainkan perlu ada komitmen untuk hal itu.

Baca juga: Ketua DPP PAN Soetrisno Bachir Gabung ke AMIN karena Anies

"Harus dijawab bukan dengan komitmen yang ditandatangani saja, tapi dengan kenyataan pengorganisasian pelaksanaan yang menjunjung tinggi integritas, menjauhi segala macam sikap yang tidak netral, menjauhi segala macam cara yang kita tahu mencederai pemilu," ujar Anies dalam Rapat Koordinasi Nasional Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), di Jakarta, Senin (27/11). (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat