visitaaponce.com

Dewas KPK Harap Nawawi Bisa Bersinergi dan Kembalikan Kepercayaan Publik

Dewas KPK Harap Nawawi Bisa Bersinergi dan Kembalikan Kepercayaan Publik
Albertina Ho berharap ketua sementara KPK Nawawi Pomolango bisa bersinergi dan mengembalikan kepercayaan publik.(MI/Susanto)

DEWAN Pengawas (Dewas) berharap Ketua sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango bisa bersinergi dan mengembalikan kepercayaan publik usai Ketua nonaktif KPK Firli Bahuri menyandang status tersangka. 

"Semoga pimpinan dan Dewas KPK lebih bersinergi lagi dalam menyelesaikan berbagai macam masalah untuk mengembalikan kepercayaan publik kepada KPK," kata anggota Dewas KPK Albertina Ho melalui keterangan tertulis, Selasa (28/11).

Albertina mengatakan kolaborasi penting untuk menyelesaikan permasalahan etik di KPK. Sehingga, publik percaya bahwa Lembaga Antirasuah serius berbenah usai Firli menjadi tersangka kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, di Polda Metro Jaya.

Baca juga: KPK Ingin Berkolaborasi dengan Pegiat Antikorupsi dan Eks Komisioner

Di sisi lain, Nawawi Pomolango menegaskan bakal mengupayakan mengembalikan kepercayaan publik usai Firli Bahuri menjadi tersangka. Sisa waktu sebulan di tahun ini bakal dimaksimalkan untuk bekerja.

"KPK harus memastikan bahwa pemberantasan korupsi, bagaimanapun dinamikanya, tidak terganggu dan bisa memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat Indonesia, sehingga bisa mengembalikan kepercayaan dan dukungan publik terhadap lembaga ini," kata Nawawi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin, 27 November 2023.

Baca juga: KPK Berusaha Mati-matian Kembalikan Kepercayaan Publik

Nawawi mengatakan dirinya sudah berkomunikasi dengan komisioner lain untuk membuat strategi pengembalian kepercayaan publik kepada KPK. Rencana pertama yakni memenuhi target penanganan perkara dan pemulihan aset di Kedeputian Penindakan dan Eksekusi.

"(Kedua) peningkatan skor indeks perilaku antikorupsi (IPAK) pada Kedeputian Penindakan dan Peran Serta Masyarakat," ucap Nawawi. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat