visitaaponce.com

Tarik Investor Asing, Ganjar Tegaskan Pentingnya Kepastian Hukum

Tarik Investor Asing, Ganjar Tegaskan Pentingnya Kepastian Hukum
Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo(Antara/M Risyal Hidayat)

CALON presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menegaskan pentingnya kepastian hukum untuk bisa menarik investor asing agar menanamkan modal di tanah air. Hal itu bisa dijamin bila dirinya terpilih sebagai presiden pada Pilpres 2024 nanti.

Dijelaskannya, ada tiga hal yang bisa menjamin kepastian hukum. Pertama adalah regulasi yang dibuat secara benar, artinya ada partisipasi masyarakat sehingga tidak menimbulkan polemik di masa mendatang.

“Yang pertama adalah memastikan regulasinya benar dan itu disusun karena partisipasi, ada rasa yang diungkapkan oleh masyarakat,” ujarnya dalam Dialog Capres Apindo, Senin (11/12).

Baca juga : Upah Buruh Terus Jadi Polemik, Ganjar Ingin Terapkan Kebijakan seperti di Jateng

Kedua, lanjutnya, sistem kelembagaan yang sudah ada perlu diperbaiki. Hal tersebut berkaitan dengan penyederhanaan sistem yang memaksimalkan digitalisasi. Artinya, perizinan usaha atau penanaman modal tidak begitu rumit.

Poin ketiga, yaitu mencari pejabat atau aktor kredibel untuk mengemban tanggung jawab tersebut. Menurutnya, sosok tersebut harus mampu menjalankan prinsip good corporate governance (GCG) dan profesional.

Baca juga : Elektabilitas Ganjar-Mahfud Menurun Karena Faktor Pendukung Jokowi

“Yang terakhir ketika dia sudah tau semua dia sangat profesional, maka dia mengerjakan fungsinya. Bukan orang yang tiba-tiba dipungut karena jatah. Mohon maaf, maka mendefinisikan kredibel buat saya tidak terlalu sulit,” tegasnya.

Ganjar pun menambahkan bahwa dirinya tidak segan untuk menggantikan pejabat yang tidak kredibel. Apalagi pejabat yang terlibat KKN dan persoalan hukum lainnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat