visitaaponce.com

Prabowo Sebut Petani di Jateng Sulit Dapat Pupuk, Ganjar Mengelak

Prabowo Sebut Petani di Jateng Sulit Dapat Pupuk, Ganjar Mengelak
Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di debat capres perdana, Selasa, 12 Desember 2023.(Metro Tv)

CALON presiden (capres) Prabowo Subianto memandang petani merupakan kelompok rentan. Pasalnya, profesi itu kerap mengeluhkan sulitnya mencari pupuk. Di antaranya yang sering mengeluh adalah petani di Jawa Tengah.

"Setelah saya keliling khususnya di Jawa Tengah Pak Ganjar, petani-petani di situ sangat sulit dapat pupuk," ujar Prabowo dalam debat Capres 2024, di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

Prabowo juga menyebut petani di Jawa Tengah meluhkan program kartu tani. Program tersebut merupakan produk dari eks Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Baca juga: Anies Baswedan Paparkan 2 Bukti Nyata Ketidakadilan Hukum

"Kartu Tani yang Bapak (Ganjar) luncurkan ini mempersulit mereka dapat pupuk," jelasnya.

Prabowo menilai perlu ada penyederhanaan regulasi agar petani mudah mendapat pupuk.

Menanggapi pernyataan Prabowo, Ganjar Pranowo memberikan bantahan. Ganjar mengatakan pupuk sulit bukan hanya di Jawa Tengah, tetapi juga terjadi di banyak daerah di Indonesia.

Baca juga: Tanggapi Prabowo, Ganjar Sebut Dialog Penting Selesaikan Masalah di Papua

“Pak Prabowo saya harus mengingatkan Pak, pupuk langka terjadi di Papua Pak, terjadi di Sumatera Utara Pak, pupuk langka terjadi di NTT, NTB, termasuk bensin,” ujar Ganjar.

“Mungkin Bapak lupa, saya ingatkan Bapak pernah menjadi ketua HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia). Pak data petani kita tidak pernah beres, kalau data petani bisa dikelola distribusi pupus bisa tepat sasaran, pada saat yang sama kuota pupuk tidak bisa dibatasi,” tutur Ganjar.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat