visitaaponce.com

KPU Persilakan Gibran Awali Debat Cawapres

KPU Persilakan Gibran Awali Debat Cawapres
KPU persilakan Gibran awali debat cawapres(Antara)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar debat calon wakil presiden (cawapres) pada Jumat (22/12) di Jakarta Convention Center (JCC), Kompleks Gelora Bung Karno. Menurut Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, segmen pertama acara debat itu bakal dimulai oleh Gibran Rakabuming Raka selaku cawapres nomor urut 2.

Kesempatan pertama yang diberikan kepada Gibran diputuskan sebagai bentuk rotasi. Sebab, pada penyelenggaraan debat pertama yang dikhususkan untuk calon presiden (capres) pada Selasa (12/12), kesempatan pertama memaparkan visi-misi dan program diberikan kepada capres nomor urut 1, yakni Anies Baswedan.

"Pada debat kedua nanti, penyampaian visi-misi dan program akan dimulai oleh cawapres nomor urut 2 (Gibran)," kata Hasyim dalam konferensi pers yang digelar di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (20/12).

Baca juga : Jelang Debat Cawapres, Kubu 01 dan 03 tidak Remehkan Gibran

Adapun cawapres kedua yang bakal memaparkan visi-misi dan program adalah cawapres nomor urut 3 Mahfud MD dan yang terakhir Muhaimin Iskandar, cawapres nomor urut 1.

Baca juga : Prabowo-Gibran Bidik Kemenangan Signifikan di Bali

Hasyim menjelaskan, pada edisi debat ketiga nanti, Ganjar Pranowo selaku capres nomor urut 3 akan diberikan kesempatan pertama memaparkan visi-misi dan program kerja. Debat cawapres besok yang berlangsung selama 120 menit itu terdiri dari enam segmen.

"Segmen pertama meliputi pembukaan, pembacaan tata tertib, kesempatan oleh calon wakil presiden untuk menyampaikan visi-misi, program kerja, masing-masing selama dua menit," jelas Hasyim.

Segmen kedua dan ketiga adalah pendalaman visi-misi dan program kerja dari masing-masing cawapres. Pendalaman itu dipandu oleh moderator dengan menjawab pertanyaan yang telah disusun oleh tim panelis. Masing-masing cawapres diberikan kesempatan menjawab selama 2 menit.

Pada segmen keempat dan kelima, masing-masing cawapres akan saling bertanya ke cawapres lain. Kesempatan bertanya dari seorang capres berdurasi 1 menit, sedangkan durasi untuk menjawab adalah 2 menit.

"Segmen keenam adalah penutup atau closing statement," tandas Hasyim.

Gibran, Mahfud, dan Muhaimin akan menyebutkan isu ekonomi, termasuk di dalamnya ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, pajak, tata kelola APBN/APBD, investasi, perdagangan, infrastruktur, serta perkotaan.

Penelis yang dilibatkan untuk menyusun pertanyaan debat cawapres terdiri dari 11 orang, yaitu Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Poppy Ismalina; Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025, Agustina Ekaputri; Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang, Suharnomo.

Berikutnya, Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional/UPN Veteran Jakarta, Tauhid Ahmad; Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS, Yosa Rizal Damur; anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020, Alamsyah Saragih.

Lalu, ekonom dan pengajar FEB Universitas Jember, Adhitya Wardhono; ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya 2015-2023, Agustinus Prasetyantoko; Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Fausan Ali Rasyid; pendiri dan ekonom CORE Indonesia, Hendri Saparini; dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Inovasi IPDN, Hyronimus Rowa. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat