visitaaponce.com

Cerdas Memilih Berbekal Pemiludamaipedia

Cerdas Memilih Berbekal Pemiludamaipedia
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.(Ist/Kemenkominfo)

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah meluncurkan buku elektronik Pemiludamaipedia. Ibarat ensiklopedia, Pemiludamaipedia memuat segala informasi terkait dengan pemilu presiden, pemilihan anggota legislatif, dan pemilihan kepala daerah yang berlangsung pada 2024.

“Pemiludamaipedia merupakan upaya Kemenkominfo memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi Pemilu 2024. Buku elektronik ini bisa dijadikan referensi masyarakat tentang berbagai hal terkait pemilu,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Pemiludamaipedia tidak hanya menampilkan informasi terkait dengan pemilu dalam bentuk teks, tetapi juga dalam bentuk infografis, juga video.

Baca juga: Menkominfo Sambut Baik Naskah Kajian Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik

Buku elektronik ini ialah living document yang setiap saat bisa diperbarui sesuai dengan perkembangan pelaksanaan pemilu. Buku elektronik ini bisa diakses di Http://s.id/pemiludamaipedia.

Pemiludamaipedia memuat sejarah pemilu, asas-asas pemilu, serba-serbi pemilu, dan tujuan pemilu. Buku elektronik ini juga menampilkan profil calon presiden dan wakil presiden, anggota legislatif,  partai politik, serta jadwal pemilu 2024.

Kita bisa berinteraksi dengan­ Pemiludamaipedia. Kita bisa menge­cek apakah kita sudah masuk dalam daftar pemilih tetap di Pemiludamaipedia. 

Baca juga50,2% Publik Menilai Pemilu Berpeluang Terjadi Kecurangan, Parpol Tertinggi

Kita bisa mengecek hoaks di Pemiludamaipedia. Sejak Januari sampai 12 Desember 2023 Kemenkominfo menemukan 171 isu hoaks pemilu.  Masyarakat juga bisa melaporkan
hoaks melalui Pemiludamaipedia.

Hoaks politik sering kali ditu­ding sebagai penyebab konflik dan polarisasi di masyarakat. Pemiludamaipedia berikhtiar mewujudkan pemilu damai dengan menampilkan informasi sebenar-benarnya.

“Saya berharap, Pemiludamaipedia menjadi senjata ampuh meme­rangi hoaks politik. Saya mengajak kita semua mewujudkan Pemilu 2024 damai dan beradab,” kata Menkominfo Budi Arie Setiadi.

Pemiludamaipedia pun membangun fungsi pengawasan masyarakat. Masyarakat bisa melaporkan bila menemukan dugaan atau potensi pelanggaran pemilu melalui Pemiludamaipedia.

Memilih dalam pemilu merupakan hak demokratis rakyat. Pemiludamaipedia mengandung pesan yang mengajak masyarakat berpartisipasi memenuhi hak memilih mereka dalam Pemilu 14 Februari 2024.

Baca juga: Organisasi Advokat Deklarasi Dukung Pemilu Adil tanpa Kecurangan

Tanggal 14 Februari bertepatan dengan hari kasih sayang. Pemiludamaipedia mengajak masyarakat kasih suara sebagai ungkapan kasih sayang kita kepada masa depan bangsa dan negara.

Untuk memenuhi hak pilihnya, rakyat membutuhkan hak lain, yakni hak akan informasi benar. Pemiludamaipedia berupaya memenuhi hak rakyat akan informasi benar supaya rakyat bisa melaksanakan hak pilihnya secara benar pula.

"Pemiludamaipedia melalui informasi yang ditampilkannya menuntun masyarakat untuk memutuskan pilihan secara cerdas. Kami percaya informasi benar di Pemiludamaipedia membantu masyarakat mengambil keputusan benar, memilih kandidat tepat, pada Pemilu 2024,” pungkas Budi Arie. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat