visitaaponce.com

Debat Cawapres, Tim Ganjar Soroti Rendahnya Penyerapan APBD Solo Gibran

Debat Cawapres, Tim Ganjar Soroti Rendahnya Penyerapan APBD Solo Gibran
Ilustrasi(Antara)

JURU Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Chico Hakim, menyoroti rendahnya serapan anggaran di Kota Solo yang dipimpin Gibran Rakabuming Raka, hingga periode Desember 2023.

Dari Data APBD Murni, realisi APBD per 21 Desember 2023, Pemkot Solo penyerapan anggarannya masih di angka 60%.

“Selain rendahnya penyerapan anggaran juga rendahnya realisasi pendapatan asli daerah. Di angka 66%. Dan hanya 40% untuk PAD yang sah,” ungkap Chico kepada Media Indonesia, Jumat (22/12).

Baca juga : KPU Persilakan Gibran Awali Debat Cawapres

Menurut Chico, maraknya pembentukan opini selama ini yang menampilkan Gibran sebagai walikota yang sukses memimpin administrasi pemerintahan di Solo ternyata hanya penggelembungan cerita yang tidak berdasar.

Chico bahkan menyebut sudah jadi rahasia umum bahwa pembangunan yang terlihat baik di Solo bukanlah proyek asli daerah melainkan proyek proyek strategis nasional yang diprioritaskan untuk Solo setelah Gibran dilantik menjadi walikota.

Baca juga : 5 Alasan Konoha Disamakan dengan Indonesia

Namun, pembangunan pembangunan tersebut diklaim Gibran sebagai keberhasilannya.

“Termasuk bahkan Masjid sumbangan dari UEA dimasukkan dalam program prioritas Pemkot. Dimana seharusnya semua yang disebut sebagai program prioritas sewajarnya adalah program program yang dibiayai oleh APBD,” ujarnya.

Chico mengemukakan rendahnya penyerapan anggaran adalah cerminan dari tidak fokusnya pemkot dalam mengeksekusi program program yang sudah dicanangkan dan tidak terarahnya kinerja pemkot.

“Gibran yang diharapkan sebagai kandidat yang paling memiliki latar belakang kuat di bidang ekonomi, politik anggarab dan sebagainya, ternyata hanya punya pengalaman tanpa prestasi berarti,” tandasnya.

Adapun cawapres nantinya dimulai pukul 19.00 WIB di JCC Senayan. Debat akan berlangsung selama enam segmen dengan total durasi 120 menit. Segmen 1 khusus untuk pemaparan visi dan misi. Segmen 2,3,4, dan 5 masing-masing cawapres dapat berinteraksi dan saling sanggah.

Segmen terakhir atau segmen ke-6 adalah penyampaian pernyataan penutup setiap cawapres. Sebelumnya, KPU telah menggelar debat perdana untuk calon presiden (capres). Yaitu capres dari nomor urut 1 Anies Baswedan, nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Debat capres ini digelar di Gedung KPU, Jakarta Pusat, pada Selasa, 12 Desember 2023. (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat