visitaaponce.com

Ingin Capai Kesetaraan Pendidikan, Mahfud MD Harus Ada Afirmasi

Ingin Capai Kesetaraan Pendidikan, Mahfud MD: Harus Ada Afirmasi 
Cawapres Mahfud MD(Dok.Ist)

CAWAPRES nomor 3 Mahfud MD menekankan pentingnya program afirmasi untuk mencapai kesetaraan pendidikan di Tanah Air. 

Hal ini disampaikan Mahfud dalam konferensi pers usai dialog dengan masyarakat diaspora NTT Se-Jabodetabek di Rumah Aspirasi Ganjar-Mahfud, Menteng Jakarta Pusat, Selasa (19/12).

Dalam konferensi pers itu, Mahfud ditanyai tentang program khusus yang cocok diterapkan di daerah-daerah yang belum mengalami pemerataan di bidang pendidikan. 

Baca juga: Debat Isu Ekonomi, Tiga Cawapres Diingatkan tak Terjebak Program Bansos

“Ya afirmasi, afirmasi dong,” jawab mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu. 

“Kalau dalam ilmu konstitusi itu, ketidaksetaraan itu, untuk mencapai kesetaraan harus dilakukan afirmasi. Afirmasi itu artinya perlakuan tidak adil agar menjadi adil,” tambahnya. 

Baca juga: KPU-Bawaslu Harus Tertibkan Penonton Debat Cawapres

Menurut Mahfud, daerah-daerah tertentu harus diperlakukan secara khusus, termasuk dari segi pembiayaan, agar kualitas pendidikannya setara dengan daerah-daerah lain. Misalnya, pembiayaan untuk pendidikan di daerah-daerah di NTT harus berbeda dengan pembiayaan untuk daerah-daerah di Pulau Jawa. 

“Misalnya kalau berlaku adil ya manusia di Jawa lebih banyak anggarannya harus lebih banyak dari NTT. Itu adil namanya,” ujar Mahfud.  

“Tapi kalau afirmasi, tidak. Ini yang orangnya sedikit harus disuntik dengan pembiayaan yang lebih besar dan beri fasilitas yang lebih besar. Itu namanya afirmasi,” tandasnya. 

Peningkatan kualitas pendidikan menjadi salah satu fokus utama pasangan Ganjar-Mahfud. Kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan akan diperjuangkan, termasuk tenaga guru di luar dunia pendidikan formal. (RO/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat