visitaaponce.com

Firli Bahuri Bersikeras Mau Keluar dari KPK

Firli Bahuri Bersikeras Mau Keluar dari KPK
Firli Bahuri.(MI/ADAM DWI)

KETUA nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri bersikeras mau keluar dari Lembaga Antirasuah. Dia menolak menerima perpanjangan jabatan setahun dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Saya menyatakan berhenti, dan tidak ingin diperpanjang masa jabatan sebagai ketua KPK merangkap anggota KPK,” kata Firli melalui keterangan tertulis yang dikutip pada Selasa, 26 Desember 2023.

Firli mengatakan pengunduran dirinya sudah diumumkan ke Dewas, KPK, dan publik pada Kamis (21/12). Dia merasa jabatannya di Lembaga Antirasuah selama empat tahun sudah cukup.

Baca juga: Istana Proses Surat Undur Diri Firli Bahuri dari KPK

Namun, pengunduran dirinya ditolak Presiden dengan alasan salah ketik. Firli menulis pemberhentian terhadap dirinya, yang tidak diatur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

Firli pun langsung memperbaiki permohonan pengunduran diri itu. Surat sudah disampaikan ke Jokowi melalui Mensesneg Pratikno.

“Adapun surat pengunduran diri saya dari pimpinan KPK (ketua merangkap anggota) telah saya sampaikan kepada mensesneg pada hari Sabtu tanggal 23 Desember 2023,” ujar Firli.

Baca juga: Sempat Ditolak, Firli Kembali Layangkan Surat Pengunduran Diri

Sebelumnya, KPK menerima balasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pengajuan pemberhentian Ketua nonaktif Lembaga Antirasuah Firli Bahuri dari jabatannya. Kepala Negara menolak permintaan itu. (Medcom/Z-6)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat