visitaaponce.com

Detik-detik Lukas Enembe Meninggal

Detik-detik Lukas Enembe Meninggal
Lukas Enembe usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (19/10/2023).(Antara)

MANTAN Gubernur Papua Lukas Enembe meninggal dunia hari ini, 26 Desember 2023. Almarhum mengembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Kuasa Hukum Lukas, Antonius Eko Nugroho mengatakan kliennya ditemani keluarga sebelum menghembuskan nafas terakhir. Mantan Gubernur Papua itu sempat meminta bangun dari kasur yang ada di kamar rawatnya.

“Bapak Lukas minta berdiri, kemudian Bapak Pianus membantu Pak Lukas untuk berdiri, dengan memegang pinggang Bapak Lukas, tidak lama berdiri, Bapak Lukas menghembuskan nafas terakhirnya,” kata Antonius melalui keterangan tertulis, Selasa, 26 Desember 2023.

Baca juga : Keluarga Rundingkan Bawa Lukas Enembe ke Papua

Keluarga saat itu langsung memanggil dokter di RSPAD Gatot Soebroto. Tindakan medis juga sempat diberikan setelah nafas terakhir Lukas dihembuskan.

“Sudah diberikan tindakan, namun Bapak (Lukas) sudah meninggal,” ujar Antonius.

Lukas Enembe kalah banding. Hukumannya diperberat menjadi sepuluh tahun oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Baca juga : KPK Tegaskan Kasus Lukas Enembe Belum Final

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa selama sepuluh tahun," tulis amar banding yang dipublikasikan Direktori Putusan Mahkamah Agung (MA) dikutip pada Kamis, 7 Desember 2023.

Lukas terjerat kasus suap dan gratifikasi dalam pengadaan protek di Papua. Sebelumnya, mantan Gubernur Papua itu cuma divonis delapan tahun penjara.

Pemberatan hukuman itu diputuskan oleh Hakim Tinggi Herri Swantoro dengan anggota Hakim Tinggi Anthon R Saragih dan Brhotma Maya Marbun. Para pengadil meyakini Lukas bersalah karena menerima suap dan gratifikasi.

Lukas juga diberikan pidana denda Rp1 miliar subsider empat bulan kurungan. Dia juga wajib membayarkan uang pengganti sebesar Rp47,8 miliar. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat