visitaaponce.com

BLT El Nino Lanjut di 2024

BLT El Nino Lanjut di 2024
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) berfoto dengan seorang penerima BLT El Nino.(MI/INSI NANTIKA JELITA)

MENTERI Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan program bantuan langsung tunai (BLT) El Nino sebesar Rp400 ribu berlanjut di tahun depan.

Ini disampaikan Airlangga usai menyalurkan langsung BLT El Nino di Kantor Pos Oceania Jakarta Barat, Jumat (29/12). Program tersebut dianggap dapat mendongkrak konsumsi masyarakat. Adapun penerima manfaat merupakan masyarakat miskin, rentan dan terdampak El Nino.

"Hampir seluruh (penerima BLT El Nino) minta agar program ini dilanjutkan ke tahun depan. Tentu saya akan bahas dengan presiden dan kita upayakan ada perpanjangan," ujarnya.

"BLT ini membantu daya beli masyarakat dan diharapkan ada spending dari masyarakat untuk mendorong perekonomian kita," tambah Ketua Umum Partai Golkar itu.

Baca juga: Ledakan Smelter ITSS, Pemerintah Curiga Ada Kesalahan K3

BLT El Nino, terang Airlangga, diberikan karena dalam perkembangannya fenomena cuaca itu berdampak pada penurunan produksi pangan secara nasional. Alhasil, terjadi kelangkaan bahan makanan sehingga mengerek harga pangan seperti beras. Rambatan El Nino diprediksi bakal berlanjut di tahun depan.

"Bantuan ini diharapkan membantu masyarakat untuk penuhi kebutuhan bahan pokok, beras. Pemerintah melihat perlu ada bantuan El Nino untuk mengurangi fluktuasi harga," jelasnya.

Pemerintah menyiapkan anggaran Rp7,52 triliun untuk menyalurkan BLT El Nino periode November hingga Desember 2023 dengan target penerima sebanyak 18,8 juta keluarga. Realisasi penyaluran bantuan melalui PT Pos Indoneeia sudah mencapai 91% per hari ini.

Penerima manfaat BLT El Nino, Asih, 58 tahun, merespons positif bantuan pemerintah tersebut. Dana Rp400 ribu akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Pemerintah Salurkan BLT Kepada Kelompok Rentan Terdampak El Nino

"Suami saya sudah tidak bekerja, sudah pensiun. BLT ini amat membantu kami untuk membeli beras dan kebutuhan pokok lainnya," tuturnya.

Asih mengatakan cukup mudah untuk menerima bantuan dari pemerintah tersebut karena dibantu pihak kelurahan setempat untuk di data sebagai penerima manfaat. Ia pun menginginkan agar bantuan tersebut tidak berhenti di tahun ini saja untuk menyambung kebutuhan hidup keluarganya.

"Harapannya bantuan ini tidak terputus karena bisa membantu masyarakat kecil seperti kami," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat