visitaaponce.com

3 Jurus Cegah Korupsi Akan Dimaksimalkan pada Pemilu 2024

3 Jurus Cegah Korupsi Akan Dimaksimalkan pada Pemilu 2024
KPK akan memaksimalkan tiga jurus untuk mencegah tindakan korupstif selama Pemilu 2024.(MI/susanto)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menyiapkan tiga jurus yang akan dimaksimalkan untuk mencegah tindakan koruptif terjadi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024

“KPK telah menyiapkan tiga program, yaitu melalui politik cerdas berintegritas (PCB), kampanye ‘hajar serangan fajar’, dan aplikasi JAGA Pemilu,” kata Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango melalui keterangan tertulis, Senin (1/1/2024).

Nawawi menjelaskan PCB merupakan pendidikan antikorupsi untuk para penyelenggara, dan peserta pemilu. Kegiatan itu dibuat agar seluruh pihak yang ikut dalam kontestasi politik tahun ini paham larangan yang menjurus ke arah korupsi.

Baca juga: KPK Harap Pemerintah dan DPR Segera Cari Pengganti Firli Bahuri dan Ketua Baru

Lalu, kampanye hajar serangan fajar merupakan pendidikan antikorupsi bagi masyarakat, dan peserta pemilu. Tujuannya untuk mencegah politik uang yang menjurus ke arah suap agar mendapatkan suara rakyat.

Kemudian, aplikasi JAGA Pemilu merupakan hasil kerja sama KPK dengan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Perangkat lunak itu merupakan wadah pengaduan kecurangan maupun penyimpangan Pemilu 2024.

Baca juga: Kasus Harun Masiku Dinilai Ringan, Publik Menanti Keseriusan KPK

“Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa menyampaikan segala hal yang mereka lihat yang merupakan penyimpangan atau kecurangan di pelaksanaan pemilu,” ucap Nawawi.

Nawawi menilai pencegahan korupsi pada Pemilu 2024 penting. Meskipun, kata dia, para peserta pemilu belum menjadi wakil rakyat saat ini. “Kami ada bersama KPU, dan menjadi bagian dari pelaksanaan pemilu,” tutur Nawawi. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat