visitaaponce.com

KPK Undang Capres Adu Gagasan Antikorupsi, Anies Selalu Siap

KPK Undang Capres Adu Gagasan Antikorupsi, Anies: Selalu Siap
Capres Anies Baswedan(AFP )

CALON presiden (capres) Anies Baswedan menyambut baik rencana Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar forum adu gagasan dengan ketiga capres. Anies pastikan siap hadir.

"Kalau undangan untuk berbagi pandangan, berbagi gagasan, selama ini selalu siap. Boleh dicek saja, ada undangan yang kita enggak datang? Selalu datang. Apalagi kalau yang mengundang adalah KPK," ujar Anies usai menghadiri diskusi santi bersama disabilitas se-Jabodetabek, di Islamic Centre Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat, 15 Desember.

Anies menilai forum tersebut akan memperlihatkan sejauh mana komitmen dari setiap capres dalam memberantas korupsi. Sehingga, mampu menjadi pertimbangan pemilih.

Baca juga : Eks Pimpinan KPK Imbau Masyarakat Tak Pilih Presiden Pencitraan

"Jadi kesempatan untuk masyarakat menilai atas para calon terkait pemberantasan korupsi," jelasnya.  

Disamping itu, Anies menegaskan di tengah komitmen memberantas korupsi, jangan sampai ada pimpinan KPK yang tak menjunjung tinggi etika. Hal ini berkaca pada kasus eks Ketua KPK Firli Bahuri yang diduga lakukan pemerasan.

"Jangan sampai pimpinan KPK tidak menjunjung tinggi etika. Bukan hanya taat hukum, (tapi) taat kode etik," pungkasnya.

Baca juga : Anies Penuhi Undangan Pendidikan Antikorupsi KPK Bersama Cak Imin

KPK berencana mengundang tiga capres ke markasnya. KPK bakal membahas isu antikorupsi bersama para capres.

"Kita akan mengundang, kita akan bikin forum sendiri khusus untuk isu antikorupsi," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 14 Desember 2023.

Ghufron menyebut undangan akan dikirim bulan depan. Rencana pertemuan ini untuk menindaklanjuti komitmen ketiga capres soal pemberantasan korupsi di Tanah Air.

"Jadi KPK nanti untuk mengawal dan kemudian memastikan komitmen para capres pada agenda-agenda pemberantasan korupsi," ucap Ghufron. (Medcom/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat