visitaaponce.com

Pengamat Pemerintah Perlu Tegaskan Bansos dari APBN, Bukan Calon Tertentu

Pengamat: Pemerintah Perlu Tegaskan Bansos dari APBN, Bukan Calon Tertentu
Pekerja melakukan pengantongan beras bantuan sosial di Aceh.(Antara/Ampelsa)

PENELITI Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Lili Romli, mengatakan bantuan sosial (bansos) rawan dipolitisasi. Oleh karena itu, ia mengingatkan agar perlu ada pengumuman atau pemberitahuan bahwa bansos berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Untuk itu, saya kira perlu ada pengawalan dan pengawasan yg ketat agar tidak disalahgunakan untuk tujuan pemenangan calon tertentu. Agar fair, akuntabel dan transparan, perlu ada pengumuman atau pemberitahuan bahwa bansos tidak terkait dengan calon tertentu, dan bansos dibiayai oleh APBN," ujar Lili, Kamis, (4/1).

Baca juga: Ini Respons Mendag usai Dituding soal Politisasi Bansos

Lili mengatakan bansos rawan disalahgunakan untuk memengaruhi pemilih. Selain itu, menurutnya peluang untuk menyelipkan pesan bahkan instruksi untuk memilih calon tertentu sangat terbuka.

Seperti pernah diberitakan, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sempat menyampaikan pernyataan bahwa bansos dan bantuan langsung tunai (BLT) adalah pemberian dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Anak sulung Presiden Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka, saat ini sedang mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Baca juga: Istana: Bagi-bagi Bansos tidak Ada Kaitannya dengan Pemilu

"Memang bansos akan sangat rawan disalahgunakan untuk mempengaruhi pemilih. Ini sangat berbahaya. Peluang utk menyelipkan pesan atau bahkan mungkin instruksi untuk memilih calon tertentu sangat terbuka. Seperti yang pernah diberitakan di media massa, ada pejabat yang mengatakan jika ingin bansos berlanjut maka pilih Prabowo-Gibran. Jadi, akan sangat rawan dan potensi disalahgunakan sebagai alat mobilisasi pemilih," papar Lili.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat