visitaaponce.com

Debat Capres Sebut Hacker terkait Kejahatan Dunia Online

Debat Capres Sebut Hacker terkait Kejahatan Dunia Online
Ilustrasi.(Dok MI.)

PADA debat ketiga pilpres 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tema yang akan dibahas, yakni pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Calon presiden nomor urut 1 Ganjar Pranowo menyebut tentang hacker.

Pada era digitalisasi, kejahatan dunia online semakin menunjukkan eksistensinya. Hacker atau seseorang yang mahir mengoperasikan komputer, jaringan, dan pemrograman menjadi dalang dalam kejahatan media sosial ini. 

Baca juga: Apa itu Rudal Hipersonik Disinggung dalam Debat Capres?

Hacker akan menyadap jaringan seseorang dengan mencuri kelemahan yang ada pada jaringan tersebut, seperti tehnical weakness, atau kerentaan software untuk memberikan malware atau menggunakan social weakness dengan menyebar link palsu agar dapat masuk kedatabase mereka. 

Dirangkum dalam kanal Youtube Dodi Wijaya terdapat beberapa hacker yang paling ditakuti di Indonesia, diantaranya HME117, kang Onno, Xnuxer, e5a_CYB3R, dan Xsvshacker.  

Baca juga: Cyber Attack Menjadi Topik Panas dalam Debat Capres

Dengan banyak hacker yang bertebaran di Indonesia, hal ini merupakan tantangan besar bagi para calon presiden untuk menyelesaikan masalah tersebut. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat