visitaaponce.com

Anies Sebut Pertahanan Sistem Siber Tidak Dijalankan Selama 5 Tahun Terakhir

Anies Sebut Pertahanan Sistem Siber Tidak Dijalankan Selama 5 Tahun Terakhir
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan(AFP)

CALON presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan menyebut ada persoalan dalam sistem siber pertahanan di Indonesia. menurutnya, selama lima tahun terakhir, pertahanan sistem siber tidak dikembangkan atau dilaksanakan.

“Memang benar, membangun sistem itu salah satunya itu satu perangkat lunak, satu adalah perangkat kerasnya dan itu salah satunya adalah seperti yang disampaikan terkait dengan sumber daya manusia,” terang Anies dalam debat capres ketiga, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1), 

Anies menyebut, persoalan teoritis siber di Indonesia sama sekali belum dijalankan. Dirinya pun mempertanyakan kinerja pemerintah terkait pertahanan siber. 

Baca juga : Cyber Attack Menjadi Topik Panas dalam Debat Capres

“Persoalannya kalau tadi disebut ada yang teoritis, ada yang kedua tidak dilaksanakan jadi selama lima tahun ini apa yang dikerjakan dalam mempertahankan sistem siber kita,” papar Anies.

Baca juga : Debat Capres, Prabowo-Gibran Janji Bangun Pertahanan Siber

Anies membeberkan permasalahan semakin terlihat ketika anggaran yang begitu besar justru dialokasikan bukan untuk menguatkan pengamanan siber di Indonesia.

“Justru disitu letak problemnya jadi ketika anggaran yang begitu besar dialokasikan justru bukan untuk mempertahankan yang hari ini menjadi serangan paling modern yang terjadi, ini adalah ancaman yang paling nyata, dan dirasakan di seluruh keluarga bukan hanya di sektor pemerintahan,” ujarnya.

Menurut Anies, seharusnya langkahnya investasi jangka panjang boleh tapi manfaatnya baru dirasakan bisa 5 tahun 10 tahun yang akan datang.

“Pertanyaannya hari ini dan kemarin apa? Dan itulah yang menjadi fokus kita, segera siapkan sistemnya segera siapkan orangnya segara siapkan langkahnya,” tandasnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat