visitaaponce.com

Prabowo Tawarkan Diskusi, Anies Boleh, tapi di Forum Terbuka

Prabowo Tawarkan Diskusi, Anies: Boleh, tapi di Forum Terbuka
Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam agenda debat capres.(Youtube Metro TV)

Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto mengajak capres nomor urut 1 Anies Baswedan untuk diskusi soal penggunaan anggaran Kementerian Pertahanan. Anies mengaku bersedia menerima ajakan itu, dengan syarat, diskusi dilaksanakan di forum terbuka.

"Harus di depan semua orang. Harus di forum terbuka. Karena ini adalah menyangkut kebijakan," ujar Anies di Gorontalo, Senin (8/1).

Anies menekankan setiap kebijakan yang berkaitan dengan anggaran negara mestinya menjujung tinggi transparansi. Terlebih, ketika berbicara pembelian alutsista yang dananya berasal dari uang rakyat.

"Bisa disampaikan kok. Memang ada hal teknis yang sifatnya rahasia, misalnya terkait dengan alat ini, alat itu. Namun, terkait anggaran, itu harus diceritakan," jelas Anies.

Baca juga: Pakar: Serangan Prabowo terhadap Anies Rugikan Diri Sendiri

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sejatinya ingin mendapat jawaban langsung dari Prabowo pada debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang digelar di JCC, Jakarta, Minggu (7/1) malam. Menurutnya, Prabowo seharusnya bisa memanfaatkan momentum debat untuk menyampaikan secara singkat dan jelas meskipun dibatasi waktu.

"Kalau ada penjelasan tambahan, lewat doorstop (wawancara langsung) seperti ini ya boleh-boleh saja. Namun, kesempatan menjelaskan itu harus digunakan dan ini bukan obrolan antarpribadi. Ini obrolan terkait dengan kebijakan, harus di depan orang banyak," tegasnya.

Baca juga: Anies Santai Disebut Tak Pantas Bicara Etika oleh Prabowo

Sebelumnya, Anies menyinggung soal anggaran pertahanan Indonesia. Kemudian, Prabowo menganggap Anies tidak mengerti soal pertahanan dan mengajak diskusi untuk menjelaskan secara mendetail.

"Sekali lagi, Pak Anies ngomong-ngomong barang bekas karena Pak Anies rupanya tidak mengerti masalah pertahanan. Saya bersedia mengundang Pak Anies di tempat yang Pak Anies suka, diskusi," ucap Prabowo saat debat capres, Minggu malam. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat