visitaaponce.com

Anies Baswedan Dianggap Piawai di Debat Ketiga, Prabowo Mengecewakan

CALON Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan dianggap netizen piawai dalam debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu berdasarkan hasil Riset Indonesia Indicator (i2) yang mencatat reaksi netizen di media sosial

"Anies piawai dalam memilih narasi sepanjang debat, selain memainkan emosi dengan berbagai pertanyaan atau pernyataan yang dianggap memojokkan bahkan sejak awal visi misi. Gagasannya soal peningkatan kemampuan teknologi pertahanan siber juga menarik," kata Direktur Komunikasi Indonesia Indicator Rustika Herlambang dalam keterangan tertulis, Selasa (9/1).

Indonesia Indicator mencatat perolehan eksposure Anies Baswedan menjadi yang terbesar di antara capres lainnya. Total unggahannya mencapai 67.785 post dan total engagement sebesar 614.058.

Baca juga: Dewan Pakar Anies-Muhaimin Siapkan Program Pemungkas di Debat Terakhir

Engagement adalah tingkat interaksi netizen terhadap tokoh tersebut. Yakni, melalui reaksi like, komen, share, dan retweet.

Sementara, total eksposure capres nomor urut 2 Prabowo Subianto mencapai 56.509 post dengan 629.867 engagement. Kemudian, eksposure capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo sebesar 51.682 post dengan 354.950 engagement.

Baca juga: Analis Sebut Keterbukaan Data Pertahanan Bukan Hal Tabu

Rustika menuturkan Anies memahami psikologi kandidat lainnya, selain memahami karakter pemirsa. Netizen terfokus pada situasi panggung yang memanas sejak awal dimulai.

Prabowo bahkan mulai terseret emosi sejak penyampaian visi misi, sehingga dia sampai memasukkan 'klarifikasi' dalam visi misinya. Hal inilah yang membuat netizen mulai tertarik memperbincangkannya karena Anies dianggap berhasil untuk memantik emosi Prabowo.

"Prabowo yang dianggap netizen pasti akan hebat karena ini tema sangat Prabowo banget, agak kecewa karena penampilan Prabowo tidak seistimewa ekspektasi netizen dan kubu pendukungnya," ucap Rustika.

Reaksi netizen itu tergambar dalam data sentimen dan emotion berikut ini:

Anies Baswedan

  • Positif: 39%
  • Negatif: 36%
  • Netral: 25%

Prabowo Subianto

  • Positif: 31%
  • Negatif: 47%
  • Netral: 22%

Ganjar Pranowo

  • Positif: 18%
  • Negatif: 25%
  • Netral: 57%

Seluruh data tersebut dihimpun dari seluruh perbincangan netizen di lima platform media sosial yakni Twitter atau X, Facebook, Instagram, Tiktok, dan Youtube. Perbincangan dikumpulkan pada Minggu, 7 Januari 2023, pukul 18.00-23.00 WIB.

Total perbincangan terkait Debat Pilpres ketiga adalah 157.976 unggahan dengan 1.598.875 engagement. Data dianalisis secara real-time dengan menggunakan sistem Intelligence Socio Analytics (ISA) yang berbasis Big Data dan Artificial Intelligence. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat