visitaaponce.com

Megawati Pemilu Bukan Alat Politik

Megawati: Pemilu Bukan Alat Politik
Ketua DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri(Youtube PDI Perjuangan )

KETUA Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menekankan pemilu bukan alat kelompok elite politik untuk melanggengkan kekuasaan.

"Saudara-saudara sekalian, pemilu bukanlah alat elit politik untuk melambungkan kekuasaan, dengan segala cara," cetus Megawati saat pidato politik dalam peringatan HUT ke-51 PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1).

Megawati menegaskan dalam pemilu, ada moral dan etika yang harus dijunjung tinggi yang semestinya dimaknai dengan menghadirkan pemilu yang damai dan adil. Pernyataan ini disampaikan Megawati karena dia pernah menjabat sebagai presiden kelima.

Baca juga: Jokowi Absen di HUT, PDIP: Partai tidak Besar karena Satu Tokoh Saja

"Setelah pemilu, enggak ribut saya. Ya sudah, kalau memang betul rakyat itu memilih," imbuh Megawati.

Presiden kelima RI ini mengingatkan siapa pun pemimpin bangsa ke depan agar menyadari betapa kekuasaan tidak selamanya. "Kekuasaan itu tidak langgeng. Yang langgeng itu yang di atas. Kekuasaan itu akan berhenti, apapun jabatannya," ungkapnya.

Baca juga: Cara Membuat Twibbon HUT ke-51 PDI Perjuangan

Megawati mengingatkan pemilu merupakan ajang pesta demokrasi rakyat. Di sisi lain Megawati juga turut menyoroti dan menilai hukum saat ini seakan mudah dipermainkan. "Sekarang hukum itu dipermainkan, bahwa kekuasaan itu dapat dijalankan, semau- maunya saja. No, no, and no," tegasnya.

Dia meminta seluruh kader partai agar tak meninggalkan rakyat sebagai akar rumput perjuangan. Dia mengingatkan PDIP tidak pernah tunduk dengan tekanan apa pun dan hal itu sudah terbukti dari sejarah hingga di usia ke-51 ini.

"Inilah perjalanan panjang kita. Pasang naik dan pasang surut telah kita alami sebagai dinamika kehidupan partai. Berbagai ujian sejarah telah menempa kita. Apa yang telah kita alami selama 32 tahun rezim otoriter orde baru misalnya, adalah gemblengan nyata terhadap ideologi, keteguhan dalam semangat juang, dan soliditas organisasi"

Acara ini turut dihadiri Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, capres Ganjar Pranowo, Ketua DPP PDIP yang juga putra Megawati, Prananda Prabowo, Ketua DPP Puan Maharani, dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Lalu, para ketua umum pengusung Ganjar-Mahfud diantaranya Ketum PPP M. Mardiono, Hary Tanoesoedibjo dan Sekjen Hanura Benny Rahmadani. Hadir juga Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid dan jajaran TPN.

Acara ini juga diikuti secara daring oleh cawapres Mahfud MD serta kurang lebih 1,2 juta pengurus PDIP dari ringkat DPD, DPC, PAC, ranting, anak ranting dan simpatisan partai di seluruh Indonesia. Sebagai informasi, dalam peringatan HUT ke-51 Partai, PDIP mengusung tema Satyam Eva Jayate Kebenaran Pasti Menang. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat