visitaaponce.com

Netralitas Jokowi Dipertanyakan, JK Jangan Melanggar Sumpah

Netralitas Jokowi Dipertanyakan, JK: Jangan Melanggar Sumpah
Pertemuan Jokowi dengan Prabowo Subianto.(Instagram/Prabowo Subianto)

Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK), mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tidak bermain-main dengan netralitas. Kepala Negara, ucapnya, terikat sumpah atas hal tersebut.

"Seorang pejabat, bukan hanya presiden, kalau tidak adil itu melanggar sumpahnya. Dua sumpah yang dilanggar, dengan Allah kena, dengan UUD kena," kata JK di kediamannya Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu (10/1).

JK juga mengingatkan Jokowi dengan pesan-pesan yang sudah ia lemparkan sendiri kepada publik. Jokowi pernah menyampaikan bahwa presiden tidak boleh melibatkan diri dalam pemilu sehingga kontestasi politik berjalan demokratis. Selain itu, Jokowi juga kerap mengingatkan aparat sipil negara (ASN) untuk bersikap netral.

Baca juga: Survei: Masyarakat Puas terhadap Jokowi karena Bagi-bagi Bansos

"Jadi di sini kalau tidak netral berarti aparat itu tidak melaksanakan perintah presidennya dan saya selalu ingatkan bahwa integritas itu tercantum dalam sumpah seorang presiden," jelas JK.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, netralitas Jokowi terus-terusan disorot. Ia secara terbuka bertemu dengan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan para ketua umum partai yang mendukungnya yakni Airlangga Hartarto dari Golkar dan Zulkifli Hasan dan PAN. Presiden mengaku pertemuan itu membahas perihal pemerintahan dan pemilihan presiden (pilpres). (Z-11)

Baca juga: Jokowi Absen di HUT, PDIP: Partai tidak Besar karena Satu Tokoh Saja

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat