visitaaponce.com

Anies Tegaskan Negara Wajib Membangun Ekosistem Kebudayaan

Anies Tegaskan Negara Wajib Membangun Ekosistem Kebudayaan
Anies Baswedan bangun kebudayaan untuk bangun peradaban(Timnas Amin)

NEGARA memiliki kewajiban membangun ekosistem kebudayaan. Untuk itu, negara harus menginvestasikan anggaran di bidang kebudayan, dana yang cukup untuk membangun kebudayaan.

"Kita ingin memajukan kebudayaan. Karena itu, negara harus berani menginvestasikan dana yang besar untuk kemajuan kebudayaan," ungkap Calon Presiden nomor urut satu, Anies Baswedan di depan sejumlah seniman 
Kota Bandung, Minggu (28/1).

Dalam acara yang dikemas dengan tema Ngajabarkeun Abah Anies itu, Anies menjanjikan meski memberikan anggaran dan investasi yang besar, namun negara tidak boleh mengatur sendiri. Negara memiliki kewenangan, tapi belum tentu negara punya pengetahuan.

Baca juga: Kampanye Akbar di Bandung, Anies Sebut Masyarakat Jawa Barat Konsisten dengan Perubahan

Negara harus mengajak bicara para budayawan dan seniman guna membuat peta jalan yang harus dilakukan.

"Negara hadir mendukung finansial dan fiskal. Namun, supaya bisa berjalan, jangan negara yang menentukan. 
Negara belum tentu tahu apa yang sesungguhnya dibutuhkan dalam proses pembangunan kebudayaan," tandasnya.

Pentingnya pemajuan kebudayaan ini dicontohkan Anies pada saat memimpin Kota Jakarta. Dia memisahkan dinas pariwisata dengan kebudayaan.

Baca juga: Tren Pemilih Ganjar-Mahfud Bergeser ke Anies-Muhaimin

"Wisata itu untuk penghidupan, sedangkan kebudayaan untuk kehidupan. Dua hal yang berbeda dan jangan pernah dicampur. Satu for profit satu lagi civilization," jelas dia.

Membangun kebudayaan, tambah Anies, merupakan upaya membangun peradaban. Untuk itu negara harus hadir membiayai, negara harus masuk dengan memberikan investasi.

Dia mencontohkan upayanya membangun Taman Ismail Marzuki. Siapa pun yang datang ke sana, saat ini, akan menilainya sebagai pusat kebudayaan kelas 
dunia.

Padahal saat pembangunan banyak yang mengkritik. Ternyata setelah jadi, hasilnya berbeda dengan yang mereka bayangkan dulu.

"Saya memang ingin menghadirkan pusat kebudayaan bertaraf internasional. Saya janji jika terpilih nanti akan membangun gedung yang sama di Bandung, supaya seniman dan budayawan punya kebanggaan," tandasnya.

Anies berharap komunitas kebudayaan harus bisa terus hidup. Untuk itu  harus dijaga, jangan sampai mati dan negara memberikan dukungannya.

Dia menunjuk padepokan seniman Iman Soleh di wilayah Ledeng, Kota Bandung. Komunitas seniman di lokasi ini hidup dan terus dijaga. Banyak seniman muda datang dari seluruh Indonesia untuk belajar.

"Saya sering ke sana. Proses mentoring di sana luar biasa. Saya bayangkan, kita memiliki 20 tempat seperti itu di Indonesia. Hasilnya pasti dahsyat," tegasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat