visitaaponce.com

Bawaslu Telusuri Tebus Sembako Murah Berlogo Prabowo-Gibran di Jakarta Timur

Bawaslu Telusuri Tebus Sembako Murah Berlogo Prabowo-Gibran di Jakarta Timur
Bantuan beras berlogo Prabowo-Gibran(Instagram)

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menelusuri dugaan pelanggaran pemilu atas kegiatan tebus murah sembako dengan kantong berlogo pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Jakarta Timur.

"Sedang ditelusuri Bawaslu Jakarta Timur," ujar Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta Benny Sabdo saat dikonfirmasi, Selasa (30/1).

Dugaan pelanggaran itu muncul dari video yang viral di media sosial. Pada video tersebut, terlihat kerumunan warga yang hendak mengambil sembako yang dibungkus kantong berwarna hitam. Seorang panitia yang menggunakan baju biru muda bergambar Prabowo-Gibran meminta warga untuk menulis nomor WhatsApp dan membawa foto kopi KTP-E.

"Kita lagi tebus murah sembako dari relawan," ujar panitia tersebut.

Baca juga: Jokowi Makan bareng Prabowo, Anies: Rakyat Tahu Siapa yang Fokus Perubahan, Siapa yang Fokus Kekuasaan

Panitia lain yang berada di garasi lokasi mengungkap ada 400 paket sembako yang didistrbusikan. Ia menyebut harga tebus murah sembako itu sebesar Rp10 ribu. Warga yang sudah mengambil sembako pun difoto dan direkam.

Di akhir video, beberapa warga yang masih mengantre menyatakan tetap memilih pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meskipun memeperoleh sembako murah dari Prabowo-Gibran.

Baca juga: Jokowi Turun Gunung karena Panik Elektabilitas Prabowo-Gibran Mandek

Sebelumnya, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menegaskan bahwa pembagian sembako untuk kegiatan kampanye Pemilu 2024 dilarang. Sebab, pembagian sembako dapat dikategorikan sebagai politik uang.

"Dikategorikan politik uang kalau sembako," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat