visitaaponce.com

Mahfud MD Mundur dari Kabinet, PDI Perjuangan Harus Konsisten

Mahfud MD Mundur dari Kabinet, PDI Perjuangan Harus Konsisten
Langkah Mahfud mundur sebagai Menkopolhukam menggambarkan sikap PDIP semakin memperjelas bertentangan dengan sikap politik Presiden Jokowi.(MI/Susanto)

DIREKTUR Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam mengatakan langkah Mahfud MD mundur sebagai sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) menggambarkan sikap PDI Perjuangan (PDIP) yang semakin jelas bertentangan dengan sikap politik Presiden Joko Widodo.

Umam berpendapat, langkah Mahfud MD mundur bukan hanya perlu diikuti menteri lainnya yang saat ini menjadi kontestan pemilu atau masuk dari bagian tim pemenangan. Menurutnya, menteri-menteri yang berasal dari PDI Perjuangan juga perlu mundur dari kabinet jika memang konsisten terhadap sikap politiknya.

"ika keputusan Mahfud mundur direstui Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri, lalu apakah pos Menteri dari PDIP di kabinet Jokowi saat ini juga akan diminta mundur, atau tetap diarahkan untuk bertahan di pemerintahan Jokowi? Jika ternyata PDIP memilih membiarkan para Menteri dan Wakil Menterinya bertahan di pemerintahan, hal itu mengindikasikan terjadinya inkonsistensi sikap politik PDIP," kata Umam saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (1/2).

Baca juga : Puan: Tolong Tanyakan ke Jokowi, Dukung Ganjar atau yang Lain?

Ada lima menteri dari PDI Perjuangan yang saat ini masih menjabat di kabinet Jokowi. Mereka adalah Pramono Anung (Sekretaris Kabinet), Yasonna Laoly (Menteri Hukum dan HAM/Menkumham), Tri Rismaharini (Menteri Sosial), I Gusti Ayu Bintang Darmawati (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak/PPPA) dan Azwar Anas (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi/PAN-RB). 

Umam menegaskan, jika menteri-menteri berasal dari PDI Perjuangan tidak direstui atau ikut mundur makan sikap partai pemenang pemilu 2019 lalu itu dinilai hanya cari aman.

"Seolah terkesan nyari aman dan nyaman jelang pertempuran politik 2024 ini," kata Umam. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat