visitaaponce.com

Panglima TNI Pastikan Jajarannya Netral di Pemilu 2024

Panglima TNI Pastikan Jajarannya Netral di Pemilu 2024
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.(DOK BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN)

PANGLIMA TNI Jenderal Agus Subiyanto memastikan jajarannya tetap netral dalam Pemilu 2024. Hal ini terkait anggapan TNI tak netral lantaran pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut presiden boleh berkampanye.

"Saya rasa secara undang-undang TNI kita sudah jelas bahwa TNI aktif tidak boleh berpolitik praktis," ujar Agus di Lapangan Taxy Way Echo Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (1/2).

Agus juga menambahkan apabila ada jajarannya yang terbukti terlibat politik praktis dapat berujung sanksi pidana. Hal ini secara jelas diatur dalam Pasal 494 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. 

Baca juga : TNI Kerahkan 446.219 Personel untuk Amankan Pemilu 2024

"Kita ikuti saja koridor seperti itu," bebernya.

Jenderal bintang empat ini menilai penting bagi masyarakat untuk ikut mengawasi secara aktif jalannya Pemilu 2024. Sehingga tidak terjadi kecurangan.

"Saya dari masing-masing kelompok mengawasi sehingga tidak ada kecurigaan pada pelaksanaan pencoblosan," pungkasnya.

Baca juga : Jokowi Didesak Ungkap Rekam Medis Kesehatan Mental, Kenapa?

Pengamat pertahanan dan militer Connie Rahakundini Bakrie mengomentari situasi dan lokasi Presiden Jokowi saat menyampaikan presiden boleh berkampanye. Saat itu, Presiden melangsungkan sesi wawancara dengan latar belakang anggota TNI Angkatan Udara (AU). 

"Seolah-olah memberikan pesan kepada masyarakat, TNI di belakang saya (Presiden Jokowi)," ujar Connie dalam diskusi publik bertajuk 'Pemilu Curang: Menyoal Netralitas Presiden, Hingga Pelaporan Kemhan ke Bawaslu', di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Januari 2024. (Medcom/Z-6)

Baca juga : Polda Jateng Dirikan Posko Netralitas Pemilu

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat