visitaaponce.com

Polisi Pakai Pendekatan Lunak Bebaskan Pilot Susi Air Philip Mark

Polisi Pakai Pendekatan Lunak Bebaskan Pilot Susi Air Philip Mark
Satgas Operasi Damai Cartenz mengatakan melakukan pendekatan lunak guna membebaskan Pilot Susi Air Philip Mark Marthens yang disandera KKB(Dok. TPNPB)

SATUAN Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz mengatakan upaya pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark Marthens yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) wilayah Nduga pimpinan Egianus Kogoya menggunakan pendekatan lunak.

"Saat ini yang dikedepankan untuk negosiasi dengan KKB oleh Pj. Bupati Nduga karena beliau memiliki kedekatan dan kekerabatan dengan Egianus Kogoya," kata Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno saat dikonfirmasi, Kamis (1/2).

Bayu mengatakan berbagai komunikasi telah dilakukan. Namun, belum ada kesepakatan. "Berbagai upaya komunikasi sudah dibuka oleh Pj. Bupati Edison Gwijangge, namun sampai hari ini belum ketemu kesepakatan pembebasan pilot Susi Air," ujarnya.

Baca juga : Polisi: Pilot Susi Air Sulit Dibebaskan karena Dijaga Ketat Egianus Kogoya

Bayu menyebut pembebasan dengan mengedepankan soft approach atau pendekatan lunak dilakukan karena pertimbangan kemanusiaan. Kemudian, mengutamakan keselamatan pilot berkebangsaan Selandia Baru itu.

Sementara itu, Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani berharap Kapten Philip Mark Marthens bisa segera dibebaskan. Terutama dalam keadaan sehat. 

"Sehingga, bisa kembali ke negaranya dalam keadaan sehat terutama kepada keluarganya," kata Faizal.

Baca juga : Disandera Setahun, Pilot Susi Air Tak Kunjung Dibebaskan

Hampir setahun Pilot Susi Air disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya. Philip disandera kelompok separatis itu saat mendarat di Bandar Udara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan pada 7 Februari 2023. Motif penyanderaan orang asing ini untuk Papua Merdeka. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat