visitaaponce.com

Disandera Setahun, Pilot Susi Air Tak Kunjung Dibebaskan

Disandera Setahun, Pilot Susi Air Tak Kunjung Dibebaskan
Pilot Susi Air yang disandera KKB Papua(TPNPB OPN)

PILOT Susi Air Kapten Philip Mark Merthens yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) belum juga bebas hingga hampir setahun berlalu. Aparat keamanan dan Pemerintah Daerah (Pemda) Nduga, Papua masih melakukan upaya negosiasi.

"Belum, masih upaya negosiasi," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, Selasa (9/2).

Meski belum bebas, Benny memastikan kondisi pilot berkebangsaan Selandia Baru itu aman. Hal itu diketahui dari pantauan Satuan Tugas (Satgas) Damai Cartenz.

Baca juga: KSP Sebut Bupati Nduga Sudah Berdialog dengan KKB untuk Bebaskan Pilot Susi Air

"Sementara termonitor masih dalam keadaan sehat," ujar Benny.

Pilot Susi Air ini disandera oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya sekitar 11 bulan lalu yakni 7 Februari 2023. Egianus sempat disebut meminta uang tebusan Rp5 miliar sebagai syarat pembebasan Philip. Pemerintah Daerah Nduga melalui Polda Papua menyampaikan menyanggupi permintaan itu.

Baca juga: Penyanderaan Pilot Susi Air Tak terkait dengan Isu Papua

Namun, belakangan Egianus Kogoya membantah meminta uang Rp5 miliar. Ternyata, narasi permintaan tebusan Rp5 miliar itu dibangun oleh Pemda Nduga dan Polda Papua sebagai upaya pembebasan pilot.

Hingga kini belum ada komunikasi antara Pemda Nduga dan Polda Papua dengan Egianus Kogoya. Philip masih ditawan KKB dan diduga bermukim di hutan belantara. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat