visitaaponce.com

KPU Pelajari Data Ganda 3 Ribu Pemilih di Johor Bahru

KPU Pelajari Data Ganda 3 Ribu Pemilih di Johor Bahru
Petugas KPPS melaksanakan simulasi pemungutan suara(MI/Usman Iskandar)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI merespon laporan Perkumpulan Indonesia untuk Buruh Migran Berdaulat Migrant Care ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait data ganda pemilih dalam daftar pemilih tetap luar negeri (DPT LN) Johor Bahru, Malaysia, untuk Pemilu 2024.

Anggota sekaligus Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU RI Betty Epsilon Idroos menyebut pihaknya sedang mengkoordinasikan hal tersebut ke Panitia Penyelenggara Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Johor Bahru.

"Data ganda yang dimaksud Migrant Care itu apa, sedang kami pelajari rilis mereka," ujarnya lewat pesan singkat yang diterima Media Indonesia, Kamis (1/2).

Baca juga : 3.238 Pemilih Ganda Ditemukan di Johor Bahru, Migrant Care Laporkan KPU

Direktur Eksekutif Migrant Care Wahyu Susilo dan rombongannya hari ini bertandang lagi ke Kantor Bawaslu RI, Jakarta, setelah pada Jumat (26/1) lalu melaporkan KPU RI atas dugaan pelanggaran administratif terkait data pemilih ganda dalam DPT LN New York.

Kedatangan Migrant Care kali ini, sambung Wahyu, untuk melaporkan 10 kali lipat dugaan data ganda di Johor Bahru. Dari hasil penelusuran manual yang dilakukan pihaknya, terdapat 3.238 data ganda dari total 119.491 DPT LN Johor Bahru.

Bagi Wahyu, laporan pihaknya terkait DPT LN di New York maupun Johor Bahru hanyalah sampel saja untuk menunjukkan potensi kegandaan pemilih. Migrant Care, sambungnya, ingin menyerukan ke Bawaslu dan KPU untuk melihat kembali secara cermat DPT LN, utamanya di negara dengan jumlah pemilih yang signifikan.

Baca juga : Amphuri Tegaskan Pentingnya KPU Fasilitasi Hak Suara Bagi Jemaah Haji dan Umrah di Pemilu 2024

"Kami punya keterbatasan, yang kami pelototin itu juga barang manual ya, bukan aplikasi yang saya kira Bawaslu dan KPU itu punya akses untuk melakukan analisis secara lebih cermat jadi," tandasnya.

Setelah Migrant Care melaporkan KPU dan PPLN New York ke Bawaslu pekan lalu, Ketua PPLN New York Indriyo Sukmono mengungkap pihaknya menemukan 198 data ganda dari total 11.141 DPT LN yang telah ditetapkan untuk Pemilu 2024.

Angka itu setara dengan 1,7% data ganda. Kendati demikian, angka itu lebih kecil dari temuan Migrant Care, yakni 374 pemilih ganda. (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat