visitaaponce.com

KPU Ajak Pihak Asing Pelototi Pemilu Indonesia

KPU Ajak Pihak Asing Pelototi Pemilu Indonesia
Ilustrasi: Petugas merapikan kotak suara dari kardus di Gudang Logistik KPU Kabupaten Bandung(ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI mengundang KPU negara lain dan pemantau asing untuk melihat gelaran Pemilu 2024 di Tanah Air pada 14 Februari 2024. Kegiatan itu digelar dengan tajuk Indonesia's Election Visit Program yang dihelat pada 12-15 Februari mendatang.

Anggota KPU RI Mochamad Afifuddin mengatakan, pihaknya telah mengundang 31 KPU negara sahabat. Sampai saat ini, ia menyebut sudah ada 8 KPU negara sahabat yang mengonfirmasi kehadiran.

"Kemudian dari kedutaan negara-negara sahabat, dari 45 (kedutaan) sudah ada 17 negara sudah mengkonfirmasi. Dari kampus luar negeri ada satu kampus dari Amerika yang sudah mengkonfirmasi," sambungnya di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (2/2).

Baca juga : Bawaslu: Penghitungan Surat Suara Dua Panel Timbulkan Persoalan

KPU juga mengundang lembaga serta lembaga swadaya masyarakat (LSM) internasional yang berfokus pada isu kepemiluan. Di samping pihak asing, KPU turut mengundang kampus-kampus yang berlokasi di sekitaran Jakarta serta LSM dalam negeri untuk memantau proses pemungutan maupun penghitungan suara di Indonesia.

Rencananya, kegiatan tersebut bakal digelar di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Para pihak asing yang diundang KPU RI bakal terlibat dalam konferensi, di samping menyaksikan secara langsung proses pemilihan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

"Ada beberapa TPS yang akan kami datangi, termasuk teman-teman media akan kami undang untuk bergabung," tandas Afif. (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat