visitaaponce.com

Harga Minyak Diprediksi Stabil Beberapa Waktu ke Depan

Harga Minyak Diprediksi Stabil Beberapa Waktu ke Depan
Ilustrasi(AFP)

EKONOM energi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi menilai harga minyak dunia dalam waktu dekat akan tetap stabil. Itu berkaca dari tren tiga bulan terakhir yang menunjukkan fluktuasi harga komoditas itu tak begitu signifikan.

Hal tersebut menurutnya juga akan berpengaruh pada harga bahan bakar minyak (BBM) dalam negeri, utamanya yang non-subsidi. "Kalau melihat tren tiga bulan ke belakang, harga minyak dunia memang cukup stabil dan ke depan memang akan sama. Namun akan berbeda kalau ada situasi global seperti perang di Timur Tengah," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (3/2).

Harga minyak dunia sempat melambung tinggi setelah pecah perang Rusia-Ukraina. Kondisi itu memengaruhi psikologi harga komoditas tersebut dan berpengaruh ke dalam negeri, sehingga pemerintah sempat menaikan harga BBM.

Baca juga : Protes Civitas Academica Bentuk Mosi tidak Percaya Rezim Penguasa

Namun sinyal serupa dalam waktu dekat dinilai tak akan terjadi dan mengerek harga minyak dunia. Dus, harga BBM non-subsidi di dalam negeri diperkirakan tak akan melambung tinggi.

Selain faktor global, kenaikan harga BBM non subsidi di Indonesia juga sedianya dipengaruhi oleh tarif pajak BBM. "Tampaknya kenaikan harga BBM non subsidi terjadi karena ada kenaikan tarif pajak BBM dari 5% menjadi 10%, sehingga memengaruhi harga BBM non subsidi," jelas Fahmy.

Diketahui, dalam sepekan terakhir harga minyak dunia anjlok hingga 7%. Itu disebabkan oleh perkiraan masih tingginya bunga acuan The Federal Reserve dalam beberapa waktu ke depan.

Baca juga : Petisi Civitas Academica UGM untuk Presiden Jokowi Wujud Kesadaran UGM

Hal itu juga diikuti dengan kondisi ekonomi Tiongkok yang masih dalam pelemahan dan akan berpengaruh terhadap permintaan minyak dunia. Selain itu, konflik di Timur Tengah yang mulai mereda turut menarik ke bawah harga komoditas tersebut.

Harga minyak mentah berjangka Brent, misalnya, ditutup dengan harga US$77,33 per barel, turun US$1,37 per barel, setara 1,7% pada perdagangan Jumat (2/1). Sementara harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate senilai US$72,28 per barel, turun 2% atau setara US$1,54 per barel. (Mir/Z-7)

Baca juga : Civitas UGM Desak Presiden Jokowi kembali ke Koridor Demokrasi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat