visitaaponce.com

Mundurnya Ahok dari Komisaris Pertamina Tak Akan Hadirkan Efek Elektoral Ganjar-Mahfud

Mundurnya Ahok dari Komisaris Pertamina Tak Akan Hadirkan Efek Elektoral Ganjar-Mahfud
Mundurnya Ahok dari Komisaris Utama Pertamina tidak akan menghadirkan efek elektoral yang signifikan bagi pasangan calon nomor urut tiga(Instagram)

BASUKI Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok menyatakan telah resmi mundur dari jabatan Komisaris PT Pertamina. Dosen Ilmu Politik dan International Studies Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam menerangkan mundurnya Ahok dari Komisaris Utama Pertamina tidak akan menghadirkan efek elektoral yang signifikan bagi pasangan calon nomor urut tiga Ganjar-Mahfud.

“Tapi akan menghadirkan dukungan moral politik, sebagai bentuk perlawanan terbuka pada pemerintahan Presiden Jokowi saat ini. Terlebih lagi, Ahok memiliki sejarah hubungan yang sangat dekat dengan Jokowi saat memimpin DKI Jakarta,” tegas Khoirul kepada Media Indonesia, Minggu (4/2).

“Sehingga mundurnya Ahok dari posisi Komut Pertamina ini, memberikan "pesan keberpihakan" sekaligus sentimen loyalitas Ahok secara clear pada arah perjuangan PDIP dan juga Paslon Ganjar-Mahfud, dengan meninggalkan tugas yang diberikan oleh Jokowi,” tambahnya.

Baca juga : Jokowi Hormati Keputusan Mahfud MD akan Mundur

Jika sejumlah menteri dari partai-partai di kubu 01 dan 03 secara kompak melakukan "bedhol deso" atau keluar secara bersama-sama dari pemerintahan Jokowi, Khoirul menerangkan hal itu berpeluang menjadi pukulan telak yang bisa menggoyahkan arah preferensi politik undecided dan swing voters.

“Namun jika partai-partai politik di kubu 01 dan 03 hanya bermain aman dan menggertak atau bluffing belaka, maka hampir bisa dipastikan tidak akan ada pergeseran elektoral yang signifikan,” tuturnya.

Sebelumnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mundur dari posisi Komisaris Utama (Komut) PT. Pertamina (Persero). Surat bernomor 015/S/DK/2024 perihal Tanda Penyerahan Surat Pengunduran Diri dan Laporan Pertanggungjawaban sebagai Komisaris Utama PT Pertamina kepada Menteri BUMN Erick Thohir telah diserahkan hari ini, Jumat (2/2).

Baca juga : 2.579 Personel Gabungan Amankan Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud di GBK Hari Ini

"Unggahan ini merupakan bukti tanda terima surat pengunduran diri saya sebagai Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero) yang saya serahkan hari ini, 2 Februari 2024," tulis Ahok dalam akun Instagram miliknya @basukibtp.

Ahok mengaku alasan hengkang dari kursi Komut Pertamina lantaran untuk fokus berkampanye mendukung calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Dengan ini, saya menyatakan mendukung serta akan ikut mengkampanyekan pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Hal ini agar tidak ada lagi kebingungan terkait arah politik saya," tegasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat