visitaaponce.com

Cak Imin Penyaluran Beasiswa LPDP tidak Tepat Sasaran

Cak Imin: Penyaluran Beasiswa LPDP tidak Tepat Sasaran
Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar(MI)

Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyebut selama ini penyaluran beasiswa melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tidak tepat sasaran. Pasalnya, sebagian besar penerima beasiswa adalah masyarakat dari keluarga mampu. Program tersbut justru sulit dijangkau masyarakat miskin.

"Beasiswa LPDP lebih banyak yang dapat itu anak-anak orang kaya. Mereka bisa kuliah sampai ke luar negeri dengan uang negara, tapi anak-anak dari keluarga yang miskin sulit dapat beasiswa LPDP," kata Cak Imin di Banyuwangi, Rabu (7/2).

Beasiswa LPDP banyak didapat anak keluarga mampu lantaran persyaratan yang rumit dan biaya-biaya awal yang cukup besar seperti tes TOEFL. Untuk semua hal itu, kata dia, rasanya sulit bagi anak dari keluarga miskin untuk bisa turut serta.

Baca juga : Cak Imin: Bagi Kami, Kritik adalah Vitamin untuk Perubahan

"Jadi rekrutmennya tidak liberal. Yang menerima ada yang kompetitif, ada yang afirmasi. Yang afirmasi adalah orang-orang yang terpilih dari keluarga tidak mampu," terangnya.

Menurutnya, sah-sah saja mahasiswa dari keluarga kaya menerima beasiswa. Negara memang hadir untuk semua kelompok masyarakat. Namun, seharusnya, masyarakat miskin tetap harus menjadi prioritas dalam kebijakan-kebijakan seperti itu.

Bila terpilih dalam Pilpres 2024, bersama capres Anies Baswedan, ia berkomitmen untuk membenahi hal tersebut secara bertahap. Jangkauan akan diperluas untuk masyarakat yang betul-betul membutuhkan.

Baca juga : Cak Imin: Anies Baswedan Sosok Capres Terbaik saat Ini

"Kami memiliki komitmen untuk mendukung pendidikan, pembangunan sumber daya manusia melalui pendidikan," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat