visitaaponce.com

Kebebasan Berpikir di Kampus Diminta Bebas dari Politisasi

Kebebasan Berpikir di Kampus Diminta Bebas dari Politisasi
Politikus Danang Wicaksana Sulistya meminta kebebasan berpikir di lingkungan kampus harus bebas dari kepentingan kubu politik tertentu.(MI/Bagus Suryo)

POLITIKUS Danang Wicaksana Sulistya meminta kebebasan berpikir di lingkungan kampus harus bebas dari kepentingan kubu politik tertentu.

“Institusi pendidikan harus menjadi tempat kebebasan berpikir, jangan sampai menjadi ajang pertarungan kepentingan politik,” kata Danang melalui keterangan tertulis, Kamis (8/2).

Karakter anak bangsa dinilai wajib ditempuh atas pendidikan, bukan karena doktrin kelompok politik. Danang menilai sudah banyak narasi politis yang masuk ke lingkungan kampus saat ini.

Baca juga : KIKA : Bebaskan Kampus dari Upaya Represi dan Pembungkaman

“Kita harus ingat bahwa pendidikan adalah salah satu pilar utama pembentukan karakter bangsa yang kini bisa terbawa oleh arus politik praktis,” ujar Danang.

Integritas akademik di dunia pendidikan juga dinilai bisa terjaga jika menjauhkan narasi politik di kampus. Demokrasi yang sehat pun diyakini bisa terbentuk kalau para mahasiswa dan tenaga pengajar di universitas dijauhkan dari narasi politis.

“Kami mengajak semua pihak untuk menjaga integritas, dan netralitas di lingkungan pendidikan,” tutur Danang. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat