visitaaponce.com

Ribuan Warga Binaan di Lapas Aceh Ikuti Pemilu 2024

Ribuan Warga Binaan di Lapas Aceh Ikuti Pemilu 2024
Warga binaan Lapas Kelas II A Banda Aceh, Desa Bineh Blang, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.(Medcom / Fajri Fatmawati)

SEBANYAK 4.770 warga binaan permasyarakatan (WBP) di 28 lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) di provinsi Aceh menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 14 Februari 2024.

Di Lapas Kelas II A Banda Aceh, Desa Bineh Blang, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, ratusan warga binaan terlihat antusias mengikuti proses pemungutan suara di TPS I dan TPS II.

Petugas Lapas dan KPPS terlihat sigap membantu para WBP yang ingin mencoblos. Para warga binaan terlebih dahulu harus menunjukkan identitas diri dan sidik jarinya sebelum memasuki bilik suara.

Baca juga : Diduga Salah Paham Warga Sempat Sandera Petugas KPPS

"Alhamdulillah, saya bisa menggunakan hak pilih saya pada Pemilu kali ini. Ini merupakan kesempatan penting bagi saya untuk turut menentukan pemimpin bangsa," kata salah seorang warga binaan, Budi, Rabu (14/2). 

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II A Banda Aceh, Edi Sigit Budiman, mengatakan bahwa sebelumnya pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilu di Lapas.

"Kami telah berkoordinasi dengan KPPS dan aparat keamanan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para warga binaan selama proses pemungutan suara," kata Edi. 

Baca juga : 1 TPS di Pamekasan Diputuskan Hitung Ulang

Untuk jumlah pemilih di Lapas Kelas II Banda Aceh ada 482 warga binaan dari jumlah warga binaan 599 orang. Sementara yang tidak memilih karena NIK tidak terdaftar di sistem sebanyak 117 orang. Pemilu di Lapas merupakan bagian dari upaya untuk memberikan hak pilih kepada seluruh warga negara, termasuk warga binaan. 

"Dengan menggunakan hak pilihnya, mereka diharapkan dapat berkontribusi dalam menentukan masa depan bangsa," jelasnya. (Z-8)

Baca juga : Dugaan Kecurangan Pilpres, Puluhan Surat Suara sudah Dicoblos

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat