visitaaponce.com

Data Sirekap Berantakan, KPU akan Evaluasi Kinerja Petugas KPPS

Data Sirekap Berantakan, KPU akan Evaluasi Kinerja Petugas KPPS
Petugas KPPS menghitung surat suara Pemilu 2024 seusai pencoblosan(MI / Usman Iskandar)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI menyebut akan mengevaluasi pengguna aplikasi Sistem Rekapitulasi dan Informasi (Sirekap) dalam hal ini petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Komisioner KPU RI Betty Epsilon Idroos, mengemukakan sistem Sirekap akan sangat bergantung pada penggunanya, yakni KPPS.

“Jadi sekarang sistem itu, itu akan sangat tergantung bagi manusianya. Pengguna apapun jenis sistem informasi yang digunakan akan juga sangat tergantung bagi penggunanya,” ujar Betty, Senin (19/2).

Baca juga : Sirekap Bikin Gaduh lagi, Hasil Pilpres TPS 09 Bungo Pasang Berubah

“Karena ini menjadi bagian evaluasi oleh Komisi Pemilihan Umum,” tambahnya.

Betty mengingatkan pemilu kali ini adalah pemilu serentak yang dilakukan secara nasional dan melibatkan 1,6 juta pemilik akun yang tersebar di 800 ribuan TPS.

“Siapa mereka? Mereka itu adalah KPPS. Siapa KPPS? Adalah pekerja-pekerja KPU yang berasal dari masyarakat kita,” ujarnya.

Baca juga : KPU Mengaku Sudah Mengaudit Sirekap

“Masyarakat kita dari Sabang sampai Merauke dengan segala jenis kapasitasnya, dengan segala jenis handphone yang dimiliki, dengan segala jaringan yang dimiliki, dengan infrastruktur yang kita punya,” papar Betty.

Maka, Betty menyebut munculnya angka yang anomali di dalam Sirekap karena salah satu petugas KPPS tidak menyesuaikan dengan angka yang sebenarnya. Sehingga data Sirekap tidak akan kompatibel dalam satu daerah pemilihan.

“Oleh karenanya sistem menemukan Ini nggak kompatibel. Silahkan diperbaiki oleh siapa? SOP-nya diperbaiki oleh KPU Kabupaten Kota. Untuk Presiden dan Wakil Presiden dan juga demikian juga untuk tadi DPR dan DPRD, DPD diperbaiki oleh KPU,” tandasnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat