visitaaponce.com

Politisi NasDem Taufik Basari Siap Ajukan Hak Angket Kecurangan Pemilu

Politisi NasDem Taufik Basari Siap Ajukan Hak Angket Kecurangan Pemilu
Politisi partai NasDem Taufik Basari(MI/Vicky Gustiawan)

ANGGOTA DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Taufik Basari atau Tobas mengaku siap untuk mengajukan hak angket atas dugaan kecurangan Pemilu 2024. Tobas menjadi satu dari 30 anggota DPR RI yang didorong oleh koalisi masyarakat sipil untuk mengajukan hak angket.

"Saya pribadi sebagai anggota DPR RI menyatakan siap dan bersedia untuk menggunakan hak konstitusioal mengajukan hak angket," ujarnya kepada Media Indonesia, Selasa (27/2).

Menurut Tobas, sikap itu sesuai dengan partainya yang mendukung digunakannya hak angket. Namun, ia menyadari penggunaan hak angket itu tidak dapat dilakukan seorang diri, melainkan bersama-sama dengan anggota fraksi lain.

Baca juga : Hak Angket Segera Bergulir

Baginya, hak angket layak untuk digulirkan sebagai bentuk dari berjalannya sistem pengawasan yang menjadi tugas di DPR RI. Ia berpendapat, hak angket merupakan hal normal dalam proses ketatanegaraan, sehingga tidak perlu disikapi dengan kekhawatiran yang berlebihan dari fraksi lain.

"Hak angket bisa menjadi jalan bagi upaya menjaga etika kekuasaan dan nilai-nilai demokrasi demi tegaknya negara hukum berdasarkan konstitusi, di mana presiden mendapatkan amanah untuk menjalankan pemerintahan dengan nilai-nilai luhur, moralitas, dan keadilan," jelas Tobas.

Sembari melakukan komunikasi politik, Tobas mengatakan saat ini ia mengaku masih menunggu langkah lanjutan dari inisator wacana hak angket, yakni fraksi PDI Perjuangan. 

Baca juga : Koalisi Perubahan Solid Dukung Angket

Terpisah, anggota DPR RI dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera mengatakan dirinya menghargai semangat kelompok masyarakat sipil yang turut mendorong namanya.

"Pemilu mesti bersih dari kecurangan. Perkara siapa dari PKS (yang menggulirkan hak angket), itu keputusan pimpinan. Sebagai prajurit, siap jika ditugaskan," tandas Mardani.

Selain Tobas dan Mardani, 28 nama anggota DPR RI lain yang didorong mengajukan hak angket adalah Ahmad Sahroni, Awang Faruoq Islah, Irma Suryani, Martin Manurung, Saan Mustofa, dari Partai NasDem. Lalu Arzeti Biblina, Daniel Johan, Faisol Reza, Nihayatul Wafiah, Syaeful Huda, Ibnu Multazam, Luluk Nur Hamidah, maman Imanul Haq, dan Yanuar Prihatin dari PKB.

Berikutnya, Anis Byarwati, Hidayat Nur Wahid, dan Nasir Jamil dari PKS. Terakhir dari PDI Perjuangan ada nama Adian Napitupulu, Arif Wibowo, Junimar Girsan, Djarot S Hidyat, Eriko Sotarduga, Harvey Malayholo, Irene Yustama Roba Putri, Krisdayanti, Masinton Pasaribu, Putra Nababan, dan Rieke Diah Pitaloka. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat