visitaaponce.com

KPU Skors Rekapitulasi Tingkat Nasional Karena Sidang di DKPP

KPU Skors Rekapitulasi Tingkat Nasional Karena Sidang di DKPP
Kantor KPU di Jakarta.(Medcom.id)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI menunda rapat pleno rekapitulasi tingkat nasional yang harusnya digelar hari ini, Rabu (28/2). Sebab, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dan enam anggota KPU RI menjalani sidang sebagai pihak teradu di Kantor Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terkait kebocoran data pemilih.

Hasyim sebenarnya sudah membuka rapat tersebut yang turut dihadiri jajaran Bawaslu RI di halaman Kantor KPU RI, Jakarta. Ia menjelaskan, rapat pleno terbuka rekapitulasi suara nasional pertama akan dimulai untuk menghitung suara dari panitia pemilihan luar negeri (PPLN).

"Namun demikian, perlu kami sampaikan bahwa pada hari ini Rabu tanggal 28 Februari 2024, kami semua anggota KPU mendapat panggilan sidang dari DKPP yang dijadwalkan jam 9 pagi tadi," kata Hasyim.

Baca juga : 1.972 Surat Suara di Malaysia Dicoblos Orang tak Berwenang

Ia mengungkap sudah menyampaikan kepada majelis DKPP bakal membuka kegiatan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat nasional terlebih dahulu sebelum menghadiri sidang.

"Kami mohon maaf mohon, izin rapat pleno ini kita skors terlebih dahulu karena kami bertujuh harus menghadiri sidang sebagai teradu dalam sidang DKPP," tandasnya.

Namun, rapat rekapitulasi itu sudah dibuka lagi sejak pukul 14.45 WIB. Menurut Hasyim, sudah ada 120 PPLN yang siap melaksanakan rekapitulasi suara tingkat nasional. Adapun satu PPLN yang belum kelar melaksanakan penghitungan suara adalah PPLN Kuala Lumpur karena adanya pemungutan suara ulang (PSU). (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat