visitaaponce.com

Wapres Pemerintah Berkomitmen, Target Bebas Sampah dan Emisi Tahun 2050

Wapres: Pemerintah Berkomitmen, Target Bebas Sampah dan Emisi Tahun 2050
Wapres sebut indonesia menargetkan bebas sampah pada 2050(MI/Kautsar Widya Prabowo)

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menegaskan komitmen pemerintah dalam mencapai target bebas sampah dan emisi pada tahun 2050. Langkah ini sejalan dengan Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah (Jakstranas) Tahun 2025 yang baru-baru ini diumumkan.

Dalam acara Pemberian Penghargaan Adipura Tahun 2023 di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) pada hari Selasa, 5 Maret 2024, Wapres Ma'ruf Amin menyoroti pentingnya edukasi dan sosialisasi untuk mengubah paradigma dan perilaku masyarakat terkait penanganan sampah.

"Pengelolaan sampah yang baik memerlukan perubahan sikap dan perilaku masyarakat. Untuk itu, edukasi dan sosialisasi akan menjadi kunci dalam mencapai target kita," ungkap Wapres Ma'ruf Amin.

Baca juga : 5 Fakta Hari Peduli Sampah Nasional 2024, Tema dan Jadwal Kegiatan

Pemerintah juga menetapkan target jangka pendek untuk mengurangi sampah sebesar 30 persen pada tahun 2025. Salah satu strategi yang diambil adalah menerapkan sistem pengelolaan sampah terpadu dari hulu ke hilir, yang memerlukan kinerja optimal dari pemerintah daerah dan partisipasi aktif masyarakat.

Wapres Ma'ruf Amin secara khusus menekankan peran penting masyarakat dalam mencapai target tersebut. Ia menyoroti bahwa paradigma dan perilaku terkait penanganan sampah perlu diubah agar dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan berkelanjutan.

Dengan langkah-langkah konkret ini, pemerintah berharap dapat menghindari masalah lingkungan yang dapat muncul baik dalam waktu dekat maupun di masa depan. Pencapaian target tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi keberlanjutan lingkungan hidup di Indonesia. (Z-10

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat