visitaaponce.com

601 Kasus Korupsi Menyeret Kepala Daerah Selama 19 Tahun

601 Kasus Korupsi Menyeret Kepala Daerah Selama 19 Tahun
Sebanyak 601 kasus korupsi yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah wali kota sampai bupati selama 19 tahun.(MI/Susanto)

SEBANYAK 601 kasus korupsi yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah wali kota sampai bupati selama 19 tahun.

“Sejak tahun 2004 hingga tahun 2023, terdapat 601 kasus korupsi terjadi pada pemerintah kabupaten, kota, melibatkan wali kota, bupati, dan jajarannya,” kata Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi melalui keterangan tertulis, Selasa (12/3)

Kumbul mengatakan catatan itu menjadi peringatan bagi KPK. Pendidikan antirasuah untuk pejabat dinilai penting untuk mencegah korupsi terjadi di daerah.

Baca juga : Ketua KPK Ingatkan Kepala Daerah tidak Korupsi Didesak Donatur

“Ini salah satu alasan pendorong program kabupaten, kota antikorupsi,” ucap Kumbul.

Pendidikan antikorupsi juga dinilai penting untuk menjaga keberlanjutan. KPK ingin membuat adanya percontohan kabupaten, dan kota antirasuah di Indonesia.

Sekretaris Daerah Surakarta Budi Martono menyambut baik program KPK itu. Dia juga membuka pintu jika Lembaga Antirasuah mau bekerja sama mengajarkan pejabat sampai menguatkan sistem antikorupsi yang sudah ada di sana.

“Kami berharap akan mendapatkan penilaian yang baik, sehingga dapat memenuhi kriteria KPK sebagai salah satu percontohan kota antikorupsi untuk dapat mewakili Provinsi Jawa Tengah,” tutur Budi. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat