visitaaponce.com

58 Anak Buah Ditangkap, Gembong Narkoba Fredy Pratama Sempat Operasi Plastik dan Masih Diburu

58 Anak Buah Ditangkap, Gembong Narkoba Fredy Pratama Sempat Operasi Plastik dan Masih Diburu
Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Mukti Juharsa(Medcom/Siti Yona Hukmana )

SATUAN Tugas (Satgas) Penanggulangan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P3GN) Polri gencar memburu anak buah gembong narkoba Fredy Pratama. Total sudah 58 jaringan bandar sabu itu diringkus hingga Maret 2024.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Mukti Juharsa mengatakan ada penambahan penangkapan empat tersangka baru. Sehingga, jumlah yang tadinya 54 menjadi 58 orang.

"Ya betul nambah empat dari Jawa Tengah totalnya 58," kata Mukti dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 13 Maret 2024.

Baca juga : Gembong Narkoba Fredy Pratama Belum Juga Ditangkap, Ini Jurus Terbaru Polri

Mukti mengatakan empat tersangka yang baru ditangkap dikendalikan langsung oleh Fredy Pratama. Namun, melalui perantara seorang wanita berinisial L.

Keempat tersangka baru itu ditangkap ketika hendak mengedarkan 51 kilogram sabu. Dengan modus menyamarkan dalam kemasan teh asal Tiongkok.

"Ini empat tersangka diamankan di Jawa Tengah dengan barang bukti 51 kg sabu ya," ujar dia.

Baca juga : Polri Sita 88 Kg Sabu yang Dikirim Fredy Pratama dari Thailand

Jenderal bintang satu ini memastikan pengembangan kasus Fredy masih berjalan. Tak hanya tindak pidana narkoba, polisi juga mendalami dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Termasuk memburu tokoh intelektual dalam jaringan narkoba Fredy ini. Yakni wanita berinisial L selaku perekrut dalam jaringan narkoba kelas internasional itu.

"Kita sedang mencari tokoh intelektual yang baru seorang wanita peran utamanya yang mengendalikan jaringan baru ini dan merekrut orang-orang baru dan juga sebagian mantan narapidana," tutur eks Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya itu.

Bandar besar narkoba Fredy Pratama juga terus diburu. Pria dengan nama samaran The Secret, Cassanova, Mojopahit, dan Airbag itu diketahui sembunyi di hutan wilayah Thailand. Selain itu, Fredy juga telah mengubah wajah dengan operasi plastik.

Meski demikian, Tim Khusus Escobar Indonesia berjumlah 109 orang masih terus bergerak memburu keberadaan Fredy. Operasi ini dipastikan berakhir setelah Fredy dan jaringan hingga ke akar-akarnya ditangkap. Dalam upaya penangkapan Fredy, Polri bekerja sama dengan Polisi Thailand dan BNM Polri Drugs Enforcement Administration (DEA) Amerika. (Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat