visitaaponce.com

Demokrasi Terancam Hilang, Sudirman Said Minta Masyarakat Koreksi Kepemimpinan Jokowi

Demokrasi Terancam Hilang, Sudirman Said Minta Masyarakat Koreksi Kepemimpinan Jokowi
Co Kapten Timnas AMIN Sudirman Said(MI / Supardji Rasban)

Co Kapten Timnas AMIN Sudirman Said meminta agar masyarakat ikut mengoreksi pemerintahan Joko Widodo yang semakin menunjukkan watak otoriter. Sudirman mengingatkan apabila masyarakat terus menerus membiarkan gaya kepemimpinan yang otoriter itu terus berlangsung, maka ke depannya demokrasi akan hilang.

“Era ini jauh lebih buruk dari era otoriternya Pak Harto (Soeharto). Dulu Pak Harto otoriter juga, tetapi kualitas kepemimpinan terjaga. Keadaan sekarang KKN berlanjut di mana-mana. Kita menghadapi satu bahaya besar, yakni lumpuhnya fungsi kepemimpinan publik,” kata Sudirman dalam diskusi bertajuk ‘Refklesi Seperempat Abat Reformasi’, Kamis (14/3).

Sudirman mengajak masyarakat untuk terlibat secara langsung bersama dengan para guru besar dari berbagai universitas dan mahasiswa untuk mengembalikan keadaan demokrasi seperti semangat reformasi.

Dia juga menyinggung belakangan ini, kualitas kepemimpinan di Indonesia dari berbagai level juga menurun drastis. Sistem perekrutan pemimpin hanya berpatokan pada angka elektoral. Sehingga mengesampingkan kualitas yang semestinya dimiliki seorang pemimpin.

“Bagaimana ke depan kita memasukkan unsur kualitatif dalam perekrutan kepemimpinan kita. Jadi tidak hanya terkait dengan angka-angka kriteria yang sifatnya normatif tetapi betul-betul memberi ruang bagi munculnya figur-figur yang mempunyai potensi dan integritas dan mempunyai kredibilitas,” ucap dia. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat