visitaaponce.com

Istana Tepis Jokowi Menghindari Demo Buruh di Jakarta

Istana Tepis Jokowi Menghindari Demo Buruh di Jakarta
Massa buruh berdemonstrasi memperingati Hari Buruh Internasional di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta.(Dok. MI/Usman Iskandar)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) ditegaskan tidak menghindari demo buruh dalam rangka Hari Buruh Internasional yang berlangsung di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat dekat Istana Kepresidenan. Kepala Negara telah terjadwal untuk melakukan kunjungan kerja (kunker).

Jokowi berangkat kunker ke Banyuwangi, Jawa Timur, pada Selasa, 30 April 2024. Kemudian, Jokowi berada di Nusa Tenggara Barat (NTB) hari ini, Rabu, 1 Mei 2024.

"Rencana kunjungan ke Jawa Timur dan NTB sudah dirancang jauh-jauh hari dengan mempertimbangkan efektivitas dan efisien, maka dari Jawa Timur langsung ke NTB, tidak kembali ke Jakarta," kata pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M Yusuf Permana melalui keterangannya, Rabu, 1 Mei 2024.

Baca juga : 3.979 Personel TNI-Polri Dikerahkan Jaga Demo Hari Buruh

Jokowi berada di NTB hingga Kamis, 2 Mei 2024. Agenda Kepala Negara tercatat yakni meresmikan Inpres jalan daerah di Lombok Barat.

Kemudian, meresmikan Bendungan Tiu Suntuk di Kabupaten Sumbawa Barat, Presiden. Jokowi juga bakal ke Kabupaten Sumbawa untuk meninjau Pasar Seketeng dan memberikan bantuan modal kerja kepada pedagang. Selain itu, Kepala Negara akan ikut panen jagung bersama para petani dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Partai Buruh bersama Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan aksi May Day atau peringatan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2024. Sebanyak 50 ribu buruh dari Jabodetabek diklaim turun ke jalan.

Baca juga : Spanduk Raksasa Nawa Bencana Jokowi Terpampang di Aksi Gejayan Kembali Memanggil Yogyakarta

Presiden KSPI, Said Iqbal, mengatakan aksi massa akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, sekitar pukul 09.30 WIB-12.30 WIB. Aksi ini juga bakal berlanjut hingga ke Istora Senayan.

“Setelah itu, pukul 12.30 massa aksi 50 ribu buruh akan bergerak dari Istana ke Istora Senayan untuk merayakan May Day Fiesta,” ujar Said dalam keterangan tertulis, Jumat, 26 April 2024.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat